BERITA

1.500 Masjid di Malang Gelar Salat Gerhana Matahari

"Salat gerhana dilangsungkan untuk memperkuat keimanan, sekaligus menambah pengetahuan tentang fenomena gerhana matahari."

Eko Widianto

1.500 Masjid di Malang Gelar Salat Gerhana Matahari
Umat Islam melaksanakan ibadah salat Khusuf atau salat gerhana di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (9/3). Foto: Antara

KBR, Malang- Sekitar 1.500 masjid di Malang, Jawa Timur menggelar salat gerhana matahari. Ribuan jamaah salat sejak terjadi gerhana matahari total. Sekretaris Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Malang, Maman Abdulkarim menjelaskan salat gerhana dilangsungkan untuk memperkuat keimanan. Sekaligus untuk menambah pengetahuan tentang gerhana matahari.

Jamaah yang juga terdiri dari para siswa ini, kata dia, belajar mengenai agama dan ilmu astronomi. Bekerjasama dengan Stasiun Geofisika, BMKG Malang, salat gerhana dibarengi dengan pengamatan menggunakan teropong di atas masjid. Selain itu, hasil pengamatan juga ditayangkan di layar raksasa. Sehingga jamaah bisa mengamati fenomena alam ini.

"Fenomena semacam ini mengingatkan kita atas kebesaran Tuhan. Selain itu, salat gerhana untuk mempertebal keimanan kepada Alloh, SWT,"jelas Maman, Rabu (9/3/2016)

Para jamaah tampak khusuk salat gerhana. Usai salat mereka mengagumi fenomena gerhana matahari total. Meski di Malang gerhana matahari hanya terlihat parsial, jamaah terlihat antusias mengamati fenomena ini menggunakan kaca film. 

Editor: Malika

  • salat gerhana
  • Malang
  • gerhana matahari

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!