HEADLINE

Kota Pontianak Akan Gandeng Kota Lion, Paris Jalankan Program Kota Kembar

"Pemerintah Kota Pontianak berencana menggandeng Kota Lion, Paris untuk menjalankan program “Sister City” atau kota kembar."

Jayanti Mandasari

Kota Pontianak Akan Gandeng Kota Lion, Paris Jalankan Program Kota Kembar
Sungai Kapuas yang membelah pemukiman padat di Kota Pontianak, Kalbar. (Foto: Antara)

KBR, Pontianak - Pemerintah Kota Pontianak berencana menggandeng Kota Lion, Paris untuk menjalankan program “Sister City” atau kota kembar. Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya, mengatakan, rencana pemerintah kota Pontianak itu bahkan telah disampaikan oleh Walikota Pontianak, Sutarmidji kepada Presiden Joko Widodo saat pertemuan di istana Bogor, Jawa Barat.

Jika terealisasi maka kota Pontianak akan menjadi kota pertama di Provinsi Kalimantan Barat yang menerapkan konsep kota kembar atau “Sister City”.

Kata dia, Kota Pontianak memiliki kemiripan kondisi geografis, terutama dengan keberadaan sungai terpanjang. Itu sebab pihaknya berkeinginan untuk mengadopsi konsep pembangunan kota Lion, Paris itu. Menurut dia,  terwujud akan memberikan banyak keuntungan bagi kota Pontianak.

“Mudah-mudahan kalau itu bisa terealisasi, saya kira banyak kucuran dana untuk kota Pontianak untuk dibangun. Karena, kalau saya lihat gambarnya Lion City itu sangat modern dan sangat maju. Kalau kita mau menuju kesana, artinya kita harus banyak membangun infrastruktur. Kan, kita ada programkan pembangunan jembatan kapuas 3, pak menteri mengatakan biar kita terpadu dan termasuk outter ringroad nya. Saya kira kota Pontianak harus dapat menangkap peluang ini,”ujar Christiandy Sanjaya kepada KBR di Pontianak, Selasa, 24 Maret.

“Sister City” atau kota kembar adalah konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik, dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antarpenduduk. Kota kembar umumnya memiliki persamaan demografi dan masalah-masalah yang dihadapi. Beberapa kota di Indonesia bahkan telah berhasil menerapkan konsep “Sister City” di antaranya, Semarang dengan Brisbane, Australia, Surabaya dengan Guangzhou, China serta Bau-Bau dengan Seoul, Korea Selatan.

Editor: Erric Permana 

  • kota pontianak
  • sister city
  • kota kembar
  • lion city

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!