NUSANTARA

Meski Status Waspada, Kunjungan Wisatawan ke Gunung Ijen Tak Berkurang

"KBR68H, Bondowoso "

Friska Kalia

Meski Status Waspada, Kunjungan Wisatawan ke Gunung Ijen Tak Berkurang
ijen, waspada, wisatawan

KBR68H, Bondowoso – Kawah Ijen di Bondowoso, Jawa Timur ternyata selalu menyimpan pesona. Buktinya, meski saat ini masih berstatus waspada (level ll), namun daya tarik wisata gunung ijen masih menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Sapari mengatakan bahwa kebanyakan wisatawan yang berkunjung selalu datang dari luar negeri. Mereka sangat antusias walaupun statusnya masih berbahaya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi merekomendasikan radius 1,5 kilometer dari kawah harus steril dari manusia, baik
wisatawan maupun penambang belerang.

“Masih banyak yang datang berkunjung dan mereka antusias sekali, kagum melihat kawah itu. Kebanyakan datang dari Amerika, Rusia, Ceko, Polandia,” kata Sapari kepada KBR68H saat berkunjung ke Kawasan Wisata Kawah Ijen, Minggu (23/03).

Menurut Sapari, selain wisatawan mancanegara, wisatawan domestik juga hampir setiap hari datang berkunjung ke Ijen. Apalagi menjelang akhir pekan, kunjungan wisatawan bisa mencapai 50 sampai 100 kunjungan dalam sehari.

Diperkirakan kunjungan akan meningkat drastis saat akhir pekan atau musim liburan tiba. Biasanya pada saat akhir pekan, kata Sapari, dalam sehari kunjungan wisatawan bisa mencapai lebih 200 kunjungan.

Berdasarkan himbauan dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) masyarakat dilarang mendekati kawah dalam jarak 1,5 km. Namun berdasarkan pantauan dari Pos Paltuding, masih terlihat aktifitas pendakian dan penambang belerang.



Editor: Luviana

  • ijen
  • waspada
  • wisatawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!