NUSANTARA

Puluhan Pertashop Bangkrut di Rembang

"Dari 60-an Pertashop yang ada, saat ini tersisa kurang dari 10 yang masih beroperasi."

Musyafa

Puluhan Pertashop Bangkrut di Rembang
Salah satu usaha Pertashop yang mengganggur di Rembang, Jawa Tengah, Senin, 06 Februari 2023. Foto: KBR/Musyafa

KBR, Rembang– Sebagian besar Pertashop di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, saat ini sudah gulung tikar atau bangkrut. 

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Rembang, M. Mahfudz memperkirakan dari 60-an Pertashop yang ada, saat ini tersisa kurang dari 10 yang masih beroperasi.

“Itu pun kondisinya sudah kembang-kempis. Tapi, mereka masih berusaha bertahan, karena kebetulan lokasinya jauh dengan SPBU," tutur Mahfudz, Senin, 6 Februari 2023.

Mahfudz menjelaskan, dari hasil diskusi dengan pengusaha, satu titik Pertashop butuh investasi hingga Rp1 miliar.

"Mulai lahan, pembangunan, pengadaan peralatan maupun ngurus izin, infonya rata-rata habis segitu," kata Mahfudz.

Persaingan Harga

Menurutnya, Pertashop semakin terpukul, setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Pertashop hanya menjual BBM jenis Pertamax, sedangkan Pertalite tidak ada.

Di sisi lain, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) masih menjual Pertalite. Akibatnya, banyak masyarakat lebih memilih membeli Pertalite ke SPBU. Sebab dari segi harga, Pertalite lebih murah, yakni Rp10.000, sedangkan Pertamax Rp13.900 per liter.

“Ada terpaut harga soalnya. Pertashop, ya, berat kalau bersaing dengan SPBU. Apabila pendapatan Pertashop per hari kurang dari Rp1 Juta, enggak nutup dengan operasional," bebernya.

Mahfudz berharap pemerintah bisa mengalokasikan kuota Pertalite bagi Pertashop, minimal untuk sepeda motor. Alasannya, selain mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, juga menggairahkan iklim usaha Pertashop.

“Harapannya pemerintah ada kebijakan, biar Pertashop laku. Kalau hanya menjual Pertamax, ke depan tetap akan berat," imbuh Mahfudz.

Menyikapi kondisi ini, ia mengingatkan kepada masyarakat untuk mempertimbangkan secara matang, jika ingin mendirikan Pertashop.

Sekilas tentang Pertashop

Mengutip situs kemitraan.pertamina.com, Pertashop (Pertamina Shop), adalah outlet penjualan Pertamina dengan skala tertentu, yang disiapkan guna melayani kebutuhan konsumen BBM nonsubsidi, serta produk ritel Pertamina yang lain.

Lokasi pelayanan Pertashop diutamakan di desa atau kota yang membutuhkan pelayanan produk eceran Pertamina.

Baca juga:

Editor: Sindu

  • Pertashop
  • Pertamina
  • Rembang
  • BBM

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!