NUSANTARA

36 Pengungsi Rohingya Kabur dari Kamp di Lhokseumawe

""Ada dilakukan sistem pengamanan tambahan seperti memasang CCTV berjumlah 4 unit, namun mereka masih tetap bisa lolos dari belakang,”"

Erwin Jalaludin

Pengungsi Rohingya kabur  ditangkap petugas keamanan ketika berusaha kabur pada awal Februari 2022.
Pengungsi Rohingya kabur ditangkap petugas keamanan ketika berusaha kabur pada awal Februari 2022. (Erwin Jalalaludin/Ist)

KBR, Lhokseumawe-     Imigran rohingnya di Kamp Karantina Kota Lhokseumawe, Aceh, yang meloloskan diri  bertambah mencapai 36 orang. Pengungsi Rohingya   yang kabur dari tempat penampungan sementara itu adalah perempuan berusia remaja.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Pengungsi Rohingnya Lhokseumawe, Marzuki Yunus mengatakan, pengungsi Rohingya kabur dengan cara memanfaatkan kelengahan petugas keamanan dengan merusak pagar pembatas kamp pengusian.

Kata Dia, aksi meninggalkan karantina ini dilakukan secara bertahap dalam 2 pekan terakhir.

”Itulah memang menjadi pertanyaan bagi Kita, sementara pengamanan ketat ada TNI/Polri dan security. Bahkan, ada dilakukan sistem pengamanan tambahan seperti memasang CCTV berjumlah 4 unit, namun mereka masih tetap bisa lolos dari belakang,” kata Marzuki Yunus menjawab KBR, Senin Malam (7/2).

Baca: Terdampar di Aceh, Warga Paksa Tarik Kapal Berisi Sekitar 100 Pengungsi Rohingya Mendara

Jubir Satgas Penanganan Pengungsi Rohingnya Lhokseumawe, Marzuki Yunus melanjutkan, berdasarkan data Rohingnya yang masih bertahan di kamp pengungsian Lhokseumawe berjumlah 69 dari total seluruhnya 105 orang. Para korban kemanusian itu menempati sejak 31 Desember 2021 lalu.


 

Editor: Rony Sitanggang

  • Krisis Rohingnya
  • aceh utara
  • Rohingya
  • Pengungsi Rohingya Kabur

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!