NUSANTARA

Penerbangan di Luar Jawa Terimbas Letusan Kelud

"Sekitar 70 penerbangan dari Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, ke Pulau Jawa, maupun sebaliknya yang ditunda hari ini, Kamis (14/2)."

Teddy Rumengan dan Zainudin Syafari

Penerbangan di Luar Jawa Terimbas Letusan Kelud
Penerbangan, Luar Jawa, Letusan Kelud

KBR68H, Balikpapan - Sekitar 70 penerbangan dari Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, ke Pulau Jawa, maupun sebaliknya yang ditunda hari ini, Kamis (14/2).

Manager Air Duty Bandara Sepinggan Balikpapan Wendo Asrul Rose mengatakan, 35 penerbangan dari Pulau Jawa ke Bandara Sepinggan yang terunda. Begitu pula sebaliknya, 35 penerbangan ke Pulau Jawa juga tertunda, khususnya Surabaya, Solo maupun Yogyakarta.

Kata dia, kemungkinan ada seratusan penerbangan dari empat bandara di Kalimantan ke Pulau Jawa maupun sebaliknya yang ditunda. Belum diketahui kapan, penerbangan akan kembali normal karena rata-rata bandara di Jawa tertutup debu akibat erupsi Gunung kelud.

Menurutnya, khusus untuk penerbangan dari dan ke Bandara Sepinggan diperkirakan ada sekitar 10 ribu warga yang tidak bisa berangkat maupun datang. Sedangkan kalau total empat bandara di Kalimantan, seluruhnya diperkirakan ada puluhan ribu penumpang.

"Mulai dari penerbangan Balikpapan - Jogya, Balikpapan - Surabaya, Balikpapan Solo, itu totalnya ada 35 penerbangan,  tidak ada penerbangan ke tiga bandara itu Kalau dari Jawa ke sini 35 datang, 35 berangkat," kata Wendo Asrul Rose.

Manager Air Duty Bandara Sepinggan Balikpapan Wendo Asrul Rose menambahkan, penerbangan pertama yang tertunda yakni penerbangan menuju Bandara Adi Sucipto Jogyakarta yang harusnya berangkan pukul 07.20 wita dan ke Bandara Juanda Surabaya 08.15. wita.

Bandara Sepinggan merupakan bandara ketiga tersibuk di Indonesia. setelah Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Ngurah Rai Bali.

Bandara di Lombok


Sementara itu, penerbangan dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju bandara Juanda Surabaya dan Adi Sucipto Yogja ditutup sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Jurubicara PT Angkasa Pura I BIL Desmi Indrajaya mengatakan, ada tiga penerbangan dari Lombok menuju Surabaya dan Yogja yang batal berangkat yang dilayani oleh Lion Air serta Garuda Indonesia.

“Karena memang dari BIL ini ka nada flight yang ke bandara Juanda Surabaya dan bandara Adi Sucipto Jogja. Tadi pagipun penerbangan ke Jogja ke kembali ke BIL. Pesawatnya itu Lion Air sehingga harus kembali ke BIL karena memang baru tadi pagi kami mendapat info bandara Adi Sucipto Yogja ditutup,” tutur Desmi Indrajaya.

Jurubicara PT Angkasa Pura I BIL Desmi Indrajaya menambahkan, para calon penumpang yang batal berangkat hari ini mendapat pengembalian uang sesuai dengan harga tiket dari maskapai penerbangan. Meski tiga jadwal penerbangan batal berangkat, dia membantah telah terjadi penumpukan penumpang di bandara Lombok.

Editor: Anto Sidharta

  • Penerbangan
  • Luar Jawa
  • Letusan Kelud

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!