NUSANTARA

Gadis Lulusan SMK di Jombang Diduga Menjadi Korban Trafficking

"Rut Indah Kusumawati, dilaporkan hilang sejak 2 Oktober 2012 lalu. Gadis Lulusan SMK di Jombang tahun 2011 ini diduga menjadi korban sindikat perdagangan manusia (Trafficking)."

Radio Swara Warga Jombang

Gadis Lulusan SMK di Jombang Diduga Menjadi Korban Trafficking
HumanTrafficking, Jombang

KBR68H, Jombang- Rut Indah Kusumawati, dilaporkan hilang sejak 2 Oktober 2012 lalu. Gadis Lulusan SMK di Jombang tahun 2011 ini diduga menjadi korban sindikat perdagangan manusia (Trafficking).

“Jika dirunut ceritanya, kemungkinan dia menjadi korban trafficking,” ungkap Sholahuddin, Direktur Lembaga Perlindungan Perempuan dan Anak (LPPA) Jombang Jawa Timur, Senin (18/02/2013) siang. menurut dia, beberapa indikasi mengarahkan jika Rut Indah Kusumawati merupakan korban sindikat perdagangan manusia. “Banyak yang mengarahkan jika dia itu korban trafficking,” terangnya.

Dugaan kuat jika putri Kusno, warga Dusun Banjarpoh, Desa Pulorejo, Kecamatan Ngoro, Jombang, Jawa Timur ini menjadi korban perdagangan manusia adalah tidak jelasnya alamat, baik tempat kerja atapun teman yang dulu mengajak Rut Indah Kusumawati bekerja.

“Orang tuanya dulu pernah mendatangi tempat yang katanya tempat kerja Rut Indah, tapi ternyata tempat itu adalah bengkel mobil dan tidak pernah menerima pegawai perempuan,” ungkap Sholahuddin.

Teman yang dulu mengajak Rut Indah Kusumawati untuk pergi bekerja ke Surabaya, lanjut Sholahuddin, juga tidak bisa dilacak. “Ketika alamat yang diberikan itu didatangi (ke Surabaya), ternyata tidak ada alamat tersebut,” terang dia.

Sholahuddin meyakini jika Rut Indah Kusumawati menjadi korban trafficking karena cara dan proses kejadiannya mirip dengan sebelumnya. “Dari lima kasus trafficking yang pernah terjadi tahun 2012 dan 3 kasus pada Januari 2013 ini proses kejadiannya sama. ini cara-cara kerja sindikat perdagangan manusia,” pungkas dia.

Sumber: Radio Swara Warga Jombang


 

  • HumanTrafficking
  • Jombang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!