Rumah Sakit Mulai Penuh Pasien Covid, Pemkot Balikpapan Mulai Besok Berlakukan PPKM

"Sudah ada satu rumah sakit dari delapan rumah sakit yang menangani covid-19 yang pasiennya mau tidak mau ditaruh di lorong karena sudah tidak cukup lagi ruangannya."

NUSANTARA | RAGAM

Kamis, 14 Jan 2021 13:17 WIB

Author

Teddy Rumengan

Rumah Sakit Mulai Penuh Pasien Covid, Pemkot Balikpapan Mulai Besok Berlakukan PPKM

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. (Foto Pemkot)

KBR, Balikpapan-  Kasus penularan covid-19 di Kota Balikpapan kian mengkhawatirkan. Rumah sakit pun kewalahan menampung pasien covid-19 yang setiap harinya terus bertambah.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, telah mendapat laporan satu dari delapan rumah sakit terpaksa merawat pasien covid-19 dilorong. Hal itu karena ruangan maupun tempat tidur, serta ruang ICU telah penuh.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat telah menyurati Pemerintah Kota Balikpapan, termasuk Kodam VI Mulawarman meminta agar menerapkan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Rizal pun merepon dan menyatakan, mulai Jumat (15/01) besok,   dilakukan penerapan PPKM hingga dua pekan. Seluruh aktifitas masyarakat dibatasi hingga pukul 19.00 Wita.

“Nah ini yang harus menjadi perhatian kita karena harus cepat kita melakukan pembatasan (PPKM). Sudah ada satu rumah sakit dari delapan rumah sakit yang menangani covid-19 yang pasiennya mau tidak mau ditaruh di lorong karena sudah tidak cukup lagi ruangannya. Ini yang harus kita waspadai betul. Sudah ada rumah sakit sudah tidak bisa menampung sehingga sampai di lorong,” ujar Rizal Effendi, Kamis (14/01)

Setiap hari rata-rata penambahan kasus positif covid-19 diatas 100-an orang. Pemerintah Kota Balikpapan telah meminta seluruh rumah sakit untuk menambah ruangan dan tempat tidur agar bisa menampung pasien covid-19.

Hingga Rabu (13/01) kemarin, secara kumulatif jumlah terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Balikpapan sebanyak 7.248 kasus dengan jumlah kematian  sebanyak 298 orang. Sebanyak 1.240 kasus aktif dirawat di rumah sakit dan isolasi mandiri.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Pandemi dan Dampak Pada Kesehatan Mental Siswa

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menanti Perhatian pada Kesehatan Mental Pelajar

Kabar Baru Jam 10