Diksar Mapala Berujung Maut, Polisi Periksa Belasan Mahasiswa UII

Belasan mahasiswa UII tersebut diperiksa di Satuan Reserse Kriminal Polres Karanganyar. Belasan mahasiswa itu datang didampingi Rektor UII yang mengundurkan diri, Harsoyo, dan sejumlah pengacara.

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 31 Jan 2017 11:24 WIB

Author

Yudha Satriawan

Diksar Mapala Berujung Maut, Polisi Periksa Belasan Mahasiswa UII

Sejumlah orang menggelar aksi untuk Mapala UII Yogyakarta menolak kekerasan di kegiatan Diksar, Senin (30/1/2017). (Foto: ANTARA)


KBR, Solo - Kepolisian Resort Karanganyar Jawa Tengah memeriksa belasan orang dari kepanitiaan Pendidikan Dasar Mahasiswa Pecinta Alam (Diksar Mapala) UII.

Wakil Kapolres Karanganyar, Prawoko mengatakan belasan mahasiswa itu dipanggil untuk diperiksa sebagai sebagai saksi kasus tewasnya tiga orang peserta Diksar Mapala UII di Tawangmangu Karanganyar. Prawoko mengatakan polisi masih terus mengembangkan kasus tersebut.

"Ya memang hari ini dijadwalkan pemeriksaan 16 saksi dari kepanitiaan Diksar Mapala UII Yogyakarta. Sudah kita siapkan semua. Ada 16 orang ini, di luar atau tidak termasuk dua orang yang sudah ditangkap sebelumnya. Yang jelas mereka semua panitia Diksar Mapala UII Yogyakarta, diperiksa di Polres Karanganyar," kata Prawoko, Selasa (31/1/2017).

Kegiatan Diksar The Great Camping XXXVII oleh Mapala UII dilaksanakan di Dusun Tlogodringo, Gondosuli, Karanganyar, Jawa Tengah, pada 14-22 Januari 2017 lalu. Tercatat 37 peserta mengikuti kegiatan itu.

Tiga mahasiswa UII tewas dalam kegiatan Diksar tersebut. Mereka adalah Syaits Asyam (19), Muhammad Fadli (19), dan Ilham Nur Padmy Listia Adi (20). Pasca peristiwa itu Rektor UII Harsoyo memutuskan mundur.

Baca juga:


Belasan mahasiswa UII tersebut diperiksa di Satuan Reserse Kriminal Polres Karanganyar. Belasan mahasiswa itu datang didampingi Rektor UII yang mengundurkan diri, Harsoyo, dan sejumlah pengacara.

Polres Karanganyar sebelumnya menangkap dua orang yang kemudian ditetapkan sebagai tersangka kasus kematian tiga peserta Diksar Mapala UII di Tawangmangu Karanganyar. Dua orang tersebut berinisial M Wahyudi alias Yudi dan Angga Septiawan alias Waluyo. Salah satunya adalah alumni kampus tersebut.

Penangkapan dua orang itu dilakukan pada Senin pagi (30/1/2017) sekitar pukul 05.30 WIB oleh Tim Satreskrim Polres Karanganyar dibantu Tim IT Subdit III Jatanras Diteskrimum Polda Jateng. Setelah itu, dilakukan penggeledahan dan penyitaan sejumlah barang. Termasuk di antaranya tongkat rotan yang diduga digunakan untuk melakukan tindak kekerasan terhadap peserta Diksar Mapala UII.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Tarik Ulur Pelarangan Minyak Goreng Curah

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kala Berbahasa Indonesia Mesti Diatur dalam Perpres