BERITA

Pasien Demam Berdarah di Trenggalek Penuhi Lorong RSUD Sudomo

"Diprediksi peningkatan jumlah pasien ini masih akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan. "

Adhar Muttaqin

Pasien Demam Berdarah di Trenggalek Penuhi Lorong RSUD Sudomo

KBR, Trenggalek- Pasien penderita demam berdarah (DB) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sudomo Trenggalek, Jawa Timur terpaksa menjalani perawatan di lorong rumah sakit. Direktur RSUD dr Soedomo Trenggalek, Saeroni mengatakan, saat ini seluruh ruang perawatan anak untuk pasien demam berdarah telah penuh. 

Dari total kuota 28 pasien, kini terdapat 33 pasien yang harus menjalani perawatan di rumah sakit. Membludaknya pasien demam berdarah telah terjadi sejak dua bulan terakhir. 

"Pada bulan Desember, Januari dan Februari itu merupakan puncaknya demem berdarah, biasanya rumah sakit selalu overload untuk kasus-kasus (demem berdarah) tersebut. Kami menyediakan kasur ekstra untuk menanganinya," kata Saeroni, Kamis (28/1/2016). 

Saeroni menambahkan, selama Januari ini terdapat tujuh pasien demam berdarah dalam kondisi kritis, dua di antaranya meninggal dunia. Berdasarkan data pihak rumah sakit, pasien demam berdarah yang menjalani perawatan merupakan rujukan dari berbagai puskesmas di daerah Trenggalek. 

Sementara itu meskipun kuota ruang perawatan telah habis, pihak rumah sakit tidak berani menolak pasien baru. Diprediksi peningkatan jumlah pasien ini masih akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan. 

Editor: Malika

  • DBD
  • trenggalek
  • RSUD dr Soedomo
  • Pasien DBD
  • demam berdarah
  • wabah demam berdarah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!