NUSANTARA

UIN Ar-Raniry Nonaktifkan Sementara Dosen Rosnida

"Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menonaktifkan sementara Rosnida Asri, dosen yang mengajak mahasiswanya belajar dan mengenal hubungan gender di sebuah gereja di Banda Aceh."

Indra Nasution

UIN Ar-Raniry Nonaktifkan Sementara Dosen Rosnida
aceh, toleransi

KBR, Jakarta - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menonaktifkan sementara Rosnida Asri, dosen yang mengajak mahasiswanya belajar dan mengenal hubungan gender di sebuah gereja di Banda Aceh. 


Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Abdul Rani Usman mengatakan, seluruh aktivitas Rosnida dari kampus tersebut sudah digantikan oleh dosen lainnya sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Rosnida dinilai melanggar akademik karena tak meminta izin saat membawa mahasiswanya ke gereja.


“Kita di fakultas ini tidak memberikan mata kuliah mengajar dia, demi kenyaman dia. Bimbingan skripsi kita cabut dari dia kita kasih orang lain. Mengajar juga seperti itu, demi kenyamanan dia dan masyarakat," kata Abdul Rani Usman kepada KBR, Jumat (9/1). 


Rosnida adalah dosen UIN yang mendapatkan kecaman dari media sosial lantaran mengajak mahasiswanya belajar dan mengenal hubungan gender di sebuah gereja di Banda Aceh. Kegiatan Rosnida tersebut dianggap mengganggu budaya Islami yang melekat pada masyarakat di Aceh. 


Editor: Antonius Eko 


  • aceh
  • toleransi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!