NUSANTARA

Kerugian Total Banjir Aceh Utara Hampir Rp1 Triliun

"Kerugian bencana alam banjir yang melanda 26 dari 27 kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Utara, mencapai total lebih Rp818 miliar. Sebagian besar kerusakan parah terjadi pada sektor perikanan, pertanian, infrastruktur jalan dan jembatan."

Erwin Jalaluddin

Kerugian Total Banjir Aceh Utara Hampir Rp1 Triliun
Kerugian Total Banjir Aceh Utara

KBR, Lhokseumawe – Kerugian bencana alam banjir yang melanda 26 dari 27 kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Utara, mencapai total lebih Rp818 miliar. Sebagian besar kerusakan parah terjadi pada sektor perikanan, pertanian, infrastruktur jalan dan jembatan.

Menurut Kepala Bagian Humas Pemkab Aceh Utara, Amir Hamzah, pihaknya sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Aceh, guna pemulihan setelah terjadinya bencana.

”Bapak Bupati sudah menyurati Bapak Gubernur Aceh sampai ke Pusat dalam rangka mencari bantuan. Karena, angka sebesar ini hampir sama dengan dana Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2014,” kata Amir menjawab Portalkbr, Rabu (7/1) usai rapat evaluasi akhir di Posko Penanggulangan Bencana Daerah setempat.

Dalam bencana ini, sekitar 300 desa yang tersebar di 26 kecamatan di Aceh Utara terendam banjir. Bahkan, 23.409 keluarga atau 94.426 jiwa penduduk dinyatakan mengungsi. Bencana juga merenggut empat nyawa warga, dua orang dari  Kabupaten Aceh Timur dan dua lainnya dari Kota Langsa.

Adapun rincian total kerugian Aceh Utara dari keseluruhan laporan data akhir Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) mencapai lebih Rp818 miliar r terdiri dari Dinas Sosial dan Keagamaan berjumlah Rp1,629 miliar, Perkebunan dan Kehutanan Rp7,705 miliar, Pertanian Rp12,349 miliar, Peternakan Rp4,904 miliar, Kelautan dan Perikanan Rp218 miliar, Kesehatan Rp3,205 miliar, dan Pendidikan Rp25,630 miliar.

Selanjutnya Infrastruktur Dinas Bina Marga Rp270,019 miliar, Cipta Karya Rp207,746 miliar, Pengairan Rp71,897 miliar, dan Perhubungan Rp394,042 juta, serta Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi berjumlah Rp7,430 miliar.

Editor: Anto Sidharta

  • Kerugian Total Banjir Aceh Utara

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!