Ini Target Pemerintah soal Lahan untuk Dikelola Rakyat

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menargetkan penyediaan minimal 12,7 juta hektare lahan untuk dikelola rakyat. Ini berarti rata-rata per tahun, pemerintah menargetkan 2,5 juta hektare lahan.

NUSANTARA

Selasa, 27 Jan 2015 17:39 WIB

Author

Ninik Yuniati

Ini Target Pemerintah soal Lahan untuk Dikelola Rakyat

Pemerintah, Dikelola Rakyat

KBR, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menargetkan penyediaan minimal 12,7 juta hektare lahan untuk dikelola rakyat. Ini berarti rata-rata per tahun, pemerintah menargetkan 2,5 juta hektare lahan.

Kepala Penelitian dan Pengembangan Kementerian Lingkungan Hidup San Afri Awang mengatakan, program ini telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pemerintahan baru.

Menurutnya, pemerintahan sebelumnya hanya berhasil menyediakan 1,4 juta hektare lahan. Ini dikarenakan alokasi anggaran yang terbatas.

"Kami menyiapkan minimal tanah 12,7 juta hektar 5 tahun ke depan ini, untuk bisa diakses oleh masyarakat kita. Kita akan siapkan selama lima tahun ke depan. Pada saat yang sama mudah-mudahan permodalan dipikirkan kementerian berwenang," kata San Afri Awang di Jakarta, Selasa (27/1).

San Afri Awang menambahkan, pihaknya juga akan menyelesaikan konflik agraria di berbagai wilayah. Selain itu, pemerintah juga menghormati hak-hak hutan adat sesuai Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 35 tentang Hutan Adat. Kata dia, berbagai langkah ini menunjukkan pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramadan dan Idul Fitri Jadi Momentum Dorong Konsumsi Masyarakat

Kabar Baru Jam 8

THR 2021 dan Ketentuan Pembayarannya

Kabar Baru Jam 10