NUSANTARA

13 Anggota Kelompok Bersenjata Ayub Waker Ditangkap

"KBR, Jayapura - Pasukan gabungan TNI/Polri tangkap 13 orang yang diduga sebagai anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Ayub Waker yang beroperasi di Kabupaten Mimika. Sejumlah anggota yang ditangkap dua di antaranya adalah berjenis kelamin pe"

Katharina Lita

13 Anggota Kelompok Bersenjata Ayub Waker Ditangkap
TNI, paniai, papua

KBR, Jayapura - Pasukan gabungan TNI/Polri tangkap 13 orang yang diduga sebagai anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Ayub Waker yang beroperasi di Kabupaten Mimika. Sejumlah anggota yang ditangkap dua di antaranya adalah berjenis kelamin perempuan.

Inisial 13 anggota KKB tersebut diantaranya NW, GM, KW, DT, JK, MW, PM, AW, BW, MW, OM serta dua berjenis kelamin perempuan yakni SM dan MW.

Kapolda Papua Yotje Mende mengatakan dari 13 orang itu, GM terkena luka tembak di bagian punggung belakang dan peluru tembus pantat. GM saat ini dirawat di Rumah Sakit Mimika, sedangkan NW dirawat di Rumah Sakit Polri Kramat Jati Jakarta, karena terkena popor senjata bagian muka.

Informasinya, NW akan segera dibawa ke Jayapura untuk penyelidikan lebih lanjut. Sementara sisanya masih diperiksa intensif di Polsek Tembagapura. Sebanyak 13 anggota KKB Ayub Waker ditangkap saat penyisiran 1000-an anggota TNI/Polri di Kampung Utikini.    

“Perintah kapolri kepada saya, lakukan pengejaran, penangkapan, terhadap pelaku kekerasan ini. Ditangkap 13 orang baru saja yang satu kena dipunggung karena terjadi kontak senjata. Jadi waktu terjadi kontak itu memang terjadi tembak-tembakan, tidak melakukan perlawanan, karenma dikejar, ditembak terus, juga menyerahkan diri. Kita tidak bunuh. Mereka angkat tangan, mereka menyerah. Kita jadikan mereka sebagai manusia,” jelasnya, Rabu (7/1).

Dalam aksi baku tembak itu, Kepala KKB Ayub Waker nampak dalam pengejaran itu. Kelompok ini diduga berjumlah lebih dari 50 orang dan membawa sejumlah senjata diantaranya FN dan senjata jenis stayer milik anggota Brimob yang ditembak awal Januari lalu.

Yotje Mende menambahkan operasi penangkapan kelompok Ayub Waker dilakukan pasca penembakan dua anggota Brimob yang ditembak awal Januari lalu di sekitar Utikini. Pihaknya akan menangkap Ayub Waker dan kelompoknya baik hidup maupun mati.

Ada dugaan kelompok Ayub Waker akan melarikan diri ke Ilaga, Kabupaten Puncak, namun jalan kearah Ilaga telah ditutup oleh aparat gabungan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • TNI
  • paniai
  • papua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!