NUSANTARA

Siswa SMA di Jabar Dapat BOS

"Pemerintah Jawa Barat menggelontorkan Dana Bantuan Operasional Sekolah, BoS untuk tingkat SMA pada tahun ajaran 2013/2014."

Radio Suara Gratia FM

Siswa SMA di Jabar Dapat BOS
BOS, pendidikan, Jabar

KBR68H, Cirebon- Pemerintah Jawa Barat menggelontorkan Dana Bantuan Operasional Sekolah, BoS untuk tingkat SMA pada tahun ajaran 2013/2014. Hal itu diungkapkan   Gubernur Jawa barat Ahmad Heryawan dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan Silaturrahim para Kyai Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning).

Gubernur Jabar menyatakan negara maupun pemerintahan baik pusat dan daerah menjadi lebih baik jika dipimpin oleh orang-orang yang memiliki SDM unggul. Untuk itu, emerintah berkomitmen kuat untuk terus memajukan dunia pendidikan. Karena kunci dari kesejahteraan masyarakat apapun jenisnya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. SDM unggul tercipta lewat pendidikan yang dapat menciptakan manusia cerdas dan memiliki keahlian.

“Kedepan kita akan memberikan BOS untuk SMA yang besarannya RP 1.200.000 per orang per tahun,”tegasnya.

Di Jawa Barat pada 2008 angka partisipasi Sekolah Dasar (SD) hanya mencapai 95% yang berarti ada 5% warga Jabar usia SD yang tidak bersekolah, sedangkan angka partisipasi SMP sebanyak 88%, serta angka partisipasi SMA/SMK sederajat mencapai 49% berarti ada 51% warga Jabar yang tidak mengenyam pendidikan tingkat SMA.

Menurut Heryawan, bila dibandingkan dengan Jepang yang tingkat kelulusannya hingga mencapai 100% pada tahun 1975,  Jabar ketinggalan jauh dari segi kualitas pendidikan karena 2012 saja masih ada warga Jabar yang belum tuntas Wajib Belajar (Wajar) 9 tahun.

Kondisi ini tercipta Karena berbagai hal diantaranya masalah ekonomi, kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan yang rendah, dan jumlah ruang kelas tidak sebanding dengan jumlah anak didik. Melalui program dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang digagas Pemprov Jabar, terbukti mampu meningkatkan angka partisipasi usia sekolah.

Pada 2011 kenaikan angka partisipasi SD hingga 119%, angka partisipasi SMP menjadi 95% dan angka partisipasi SMA/SMK sederajat mencapai 60% atau meningkat 11%. Sementara untuk memperluas daya tampung anak didik Provinsi Jabar membutuhkan 18.000 ruang kelas baru (RKB). Dari angka tersebut tahun 2011 sudah dibangun 6.000 RKB dan 6.000 RKB lagi pada tahun 2012, angka ini akan terus ditingkatkan yang diproyeksikan selesai pada tahun 2013.
 

Sumber: http://suaragratiafm.wordpress.com/2013/01/24/tahun-20132014-sma-di-jabar-dapat-bos/

  • BOS
  • pendidikan
  • Jabar

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!