NASIONAL

Pandemi, Presiden Jokowi: Vaksinasi Covid-19 Gratis Dilakukan Bertahap

""Memang membutuhkan waktu, karena yang divaksin ini minimal 67 persen, 70 persen penduduk itu harus divaksin artinya berapa 182 juta yang harus divaksin,”"

Dwi Reinjani

Pandemi, Presiden Jokowi: Vaksinasi Covid-19 Gratis Dilakukan Bertahap
Presiden Jokowi saat meninjau simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor Jabar Rabu(18/11). (Antara/Yulius Satria)

KBR, Jakarta-      Presiden Joko Widodo mengatakan, kendati vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis, masyarakat tetap harus bersabar karena pemberian vaksinasi akan dilakukan secara bertahap. Ia mengatakan butuh waktu lama agar 70 persen masyarakat bisa mendapat vaksin, hal itu lantaran jumlah penduduk Indonesia cukup besar.

“Oleh sebab itu nanti dimulai bulan Januari akan dilakukan vaksinasi covid oleh pemerintah, diberikan gratis kepada masyarakat. Tapi ini memang perlu tahapan- tahapan nanti Januari berapa juta, Februari berapa juta, Maret berapa juta, April berapa juta. Memang membutuhkan waktu, karena yang divaksin ini minimal 67 persen, 70 persen penduduk itu harus divaksin artinya berapa 182 juta yang harus divaksin,” ujar jokowi  saat memberikan Bantuan Modal Kerja, Rabu (16/12/2020).

Untuk itu Jokowi meminta masyarakat, tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal itu dilakukan agar penambahan kasus tidak terus meningkat, selama vaksinasi direalisasikan bertahap.

Jokowi juga menjelaskan mengapa hanya 70 persen penduduk yang mendapat vaksinasi, hal itu lantaran 30 persen lainnya merupakan anak-anak, lansia, ibu hamil dan beberapa orang dengan penyakit penyerta. Kata dia, vaksin belum diujikan ke beberapa golongan lain, selain usia 18 hingga 59 tahun yang dalam keadaan sehat.

Namun jika 70 persen vaksinasi tercapai, menurutnya benteng kekebalan masyarakat sudah mencukupi untuk terhindar dari covid-19.

“Artinya akan membentengi, misalnya dalam lingkungan RW kan tidak semua divaksin, yang anak kecil belum karena vaksin nya yang itu belum diujikan. Artinya kalau yang bisa divaksin ini sudah kira-kira 70 persen, yang 30 persen ini tidak divaksin nggak papa, karena lingkungannya sudah bersih. Semua RW yang lain juga sudah divaksin 70 persen dan 30 persen nya tidak divaksin nggak papa, aman, karena itu kita mengacu pada herd immunity.” Ujarnya.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

  • #cucitanganpakaisabun
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #IngatPesanIbu
  • #jagajarak
  • #satgascovid19
  • COVID-19
  • #cucitangan
  • #pakaimasker
  • #KBRLawanCovid

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Bola1653 years ago

    Hobi bermain slot online, Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback 100% Dengan syarat TANPA TO, dan anda bisa mencoba meraih kemenangan anda di kesempatan kedua, cek promosi bisa disini: https://biolinky.co/linkpromo