KPK Dalami TPPU Kasus Harley-Garuda

KPK mendalami dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pada skandal penyelundupan onderdil Harley Davidson menggunakan pesawat Garuda.

BERITA | NASIONAL

Senin, 09 Des 2019 16:05 WIB

Author

Lea Citra, Dian Kurniati

KPK Dalami TPPU Kasus Harley-Garuda

Karangan bunga dukungan pemecatan Dirut Garuda Ari Askhara terpajang di depan Kantor Kementerian BUMN di Jakarta, Jumat (6/12/2019). (Foto: ANTARA/Nova Wahyudi)

KBR, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pada kasus penyelundupan onderdil motor Harley Davidson yang dilakukan bekas Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Ari Askhara.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan, KPK masih menyelidiki kasus tersebut.

"Pak ada indikasi suap terkait kasus tersebut?. Ada makanya kita bawa kan karena ada kasus itu. Yang masih kita dalami kan TPPU-nya," kata Agus Rahardjo di gedung KPK, Jakarta, (9/12/2019).

Karena masih menyelidiki kasus tersebut, Ketua KPK Agus Rahardjo enggan mengomentari lebih lanjut terkait kasus tersebut.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Ari Askhara dicopot dari jabatannya oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Ari dicopot karena dianggap terlibat dalam penyelundupan onderdil motor Harley Davidson menggunakan pesawat Airbus yang baru dibeli maskapai Garuda dari Eropa.

Simak juga:

Layanan Garuda


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memerintahkan pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT Garuda Indonesia Fuad Rizal memastikan pelayanan perusahaan tak terganggu pascaskandal penyelundupan motor gede Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton.

Kasus itu berbuntut pada pencopotan empat direksi.

Erick mengatakan, komisaris dan direksi harus langsung bersiap menyambut lonjakan penumpang jelang libur Natal dan tahun baru. Menurutnya, kualitas pelayanan juga akan berpengaruh besar pada citra Garuda yang rusak akibat skandal Harley.

"Agar benar-benar mempersiapkan operasional. Apalagi ini sudah menuju banyak hari libur. Jangan sampai nanti service-nya turun gara-gara isu ini, atau motivasi turun. Itu yang saya bilang, Garuda mesti tetap berkembang. Masak kalah dengan penerbangan-penerbangan lain," kata Erick saat menghadiri acara peringatan Hari Antikorupsi di di SMKN 57 Jakarta, Senin (9/12/2019).

Erick telah berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk memastikan operasional Garuda tidak terganggu pascaskandal Harley.

Erick juga langsung menghubungi Plt Direktur Utama PT Garuda Indonesia Fuad Rizal untuk menginstruksikan persiapan pelayanan jelang libur akhir tahun.

Baca juga:



Menurut Erick Tohir, pemerintah bersama direksi dan komisaris memiliki pekerjaan mengembalikan citra Garuda yang rusak akibat skandal.

Ia berharap, pemecatan Ari Ashkara dari jabatan direktur utama Garuda dan pemberhentian sementara tiga direktur yang diduga terlibat skandal penyelundupan Harley Davidson bisa membantu memperbaiki citra tersebut.

Ia juga berjanji mencari sosok terbaik untuk menggantikan Ari, untuk memulihkan kepercayaan masyarakat pada Garuda.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Virus Corona Bunuh 80 Orang, Indonesia Belum Keluarkan Travel Ban