Share This

Prabowo Tuding Korupsi Stadium 4, Ini Respon Jokowi

"Kenaikannya seperti itu, harus kita syukuri, bagus sekali,"

BERITA , NASIONAL , NASIONAL

Selasa, 04 Des 2018 13:48 WIB

Author

Dian Kurniati, Resky Novianto

Prabowo Tuding Korupsi Stadium 4, Ini Respon Jokowi

Presiden Joko Widodo ketika membuka peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2018. (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengatakan indeks pemberantasan korupsi di Indonesia semakin baik sejak 1998.  Indeks persepsi korupsi dari Transparency International menggunakan skala 0-100. Nilai 0 artinya paling korup, sedangkan nilai 100 berarti paling bersih.

Sementara Indonesia, dari data indeks persepsi korupsi dari Transparency International di Tahun 2018, berada di angka 37, sedangkan pada 1998 hanya di angka 20.

Jokowi optimistis indeks tersebut akan semakin baik, dan mengungguli negara-negara lain di Asia Tenggara serta membantah tudingan calon presiden, Prabowo Subianto yang menyebut korupsi di Indonesia seperti penyakit kanker stadium IV.  
 
"Ini kita bagus ya. Kalau kita lihat tahun 1998 sampai ke 2018, loncatannya saya rasa sangat signifikan sekali. Jangan sampai ada yang menyatakan korupsi kita stadium empat. Tidak ada. Kenaikannya seperti itu, harus kita syukuri, bagus sekali," kata Jokowi usai membuka Hari Antikorupsi Dunia di gedung Bidakara, Selasa (04/12/2018).

Jokowi juga berjanji akan terus memperkuat upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Dia akan menerbitkan aturan berupa Instruksi Presiden atau Peraturan Presiden untuk menjadikan DKI Jakarta, Boyolali, dan Kementerian Keuangan sebagai percontohan provinsi, kota, dan lembaga dengan sistem pencegahan korupsi terbaik.

Presiden Jokowi juga ingin sistem pencegahan dan penindakan kasus korupsi berjalan beriringan.

Sementara itu, pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2018, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong partai politik membangun sistem politik berintegritas, salah satunya dengan penandatanganan komitmen 16 partai politik terkait implementasi sistem integritas partai politik.

Selain itu, KPK juga melelang barang gratifikasi dan penyerahan penghargaan untuk sejumlah instansi yang menjalankan pengendalian gratifikasi dan LHKPN dengan baik.

Baca: Pelaksanaan Ratifikasi Konvensi Antikorupsi PBB, KPK Usulkan Perppu

Kegiatan ini melibatkan sekitar 57 kementerian, lembaga dan pemerintah daerah, 20 organisasi masyarakat sipil dan pusat kajian antikorupsi serta 16 perwakilan partai politik.

KPK juga meluncurkan buku panduan untuk mengelola bisnis yang sehat dan berintegritas, sehingga diharapkan dapat jadi pedoman bagi para korporasi untuk membentuk lingkungan pencegahan di internalnya sehingga ke depan, sehingga tidak perlu terjadi lagi suap yang diberikan korporasi untuk mendapatkan proyek, mengurus izin dan lainnya.

Baca juga: KPK Resmikan Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi

Sebelumnya dalam forum The Economist World di Singapura Capres Prabowo menyampaikan kritik di depan   pengusaha  internasional. Dia menjanjikan    reformasi   jika terpilih sebagai presiden. Prabowo mengatakan   korupsi di Indonesia sangat masif seperti penyakit kanker stadium 4. 


Editor: Kurniati

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.