Menkumham: 7 Ribuan Warga Asing Diderpotasi

Deportasi dilakukan sepanjang tahun 2016.

BERITA , NASIONAL

Kamis, 29 Des 2016 18:21 WIB

Author

Randyka Wijaya

Menkumham: 7 Ribuan Warga Asing Diderpotasi

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Kementerian Hukum dan HAM telah mendeportasi 7.800 lebih tenaga kerja asing (TKA) yang menyalahi aturan, sepanjang 2016. Hal tersebut disampaikan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly untuk membantah kabar adanya serbuan 10 juta TKA asal Cina.

"Yang dibuat informasi 10 juta kita diserbu, yang perlu kan kemarin sudah dibilang Pak Menkominfo, sudah ketahuan siapa yang mem-blow up informasi itu, itu hoax, sekarang banyak hoax. Jadi sekarang kita minta, kalau kamu mengatakan ada data 10 juta orang asing, atau yang ilegal 1 juta tunjukin ke kita. Karena kita sudah menindak lebih dari 7.887 yang kita tindak deportasi. Ada 329 pro justitia," kata Yasonna Laoly di Gedung Kemenkumham, Kamis (29/12/2016)

Yasonna juga mempertanyakan jika benar 10 juta TKA asal Cina ke Indonesia, seharusnya sudah dirasakan masyarakat. Ini lantaran sebagian dari mereka seharusnya berada di pusat-pusat kota.

"Ada hoax yang mengatakan kita sedang diserbu, kalian rasakan tidak kalau 10 juta? Tentu dia tidak ke Papua tidak, tentu di sentral-sentral, masa 10 juta tidak terasa sih? Orang yang maaf berbahasa Indonesia tidak bisa," ujar Yasonna.

Ia juga menjelaskan soal perbedaan data antara Kemenkumham dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Sebelumnya, Kemenaker menyatakan TKA asal Cina hanya berjumlah 21 ribu, sedangkan data Dirjen Imigrasi,
Kemenkumham sebesar 31 ribu TKA asal Cina yang mengantongi Izin Tinggal Terbatas (ITAS).

Kata Yasonna, 31 ribu tersebut adalah data perlintasan TKA. Sehingga, dimungkinkan satu TKA tercatat di data perlintasan lebih dari satu kali.

"Data perlintasan kita tentunya harus lebih besar. Misalnya saya sendiri, saya TKA, saya pergi pulang ke kampung balik lagi, balik lagi. Saya dicatat 3 kali padahal saya sendiri. Nah itu perbedaan angka kita yang 31 ribu, tapi data Kemenaker yang TKA Cina 21 ribu. Seluruh TKA sekitar 70-an ribu jadi yang menyerbu itu siapa?," tanya Yasonna.

Yasonna menuturkan Indonesia juga harus adil dalam menyikapi isu TKA. Sebab, banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang juga bekerja di luar negeri. Ia mengatakan jumlah TKI yang berada di Malaysia saja sekitar 2 juta orang, Singapura sekitar 200 ribu orang dan Hongkong sekitar 200 ribu orang.


Editor: Sasmito

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Aktif di Dunia Maya, Perempuan Rentan Radikal

Mau Lawan Bullying? Mari Kembali ke Keluarga

Kabar Baru Jam 18