BERITA

Kompolnas Jamin Basaria Independen

"Januari tahun depan Basaria sudah memasuki masa pensiun"

Ade Irmansyah

Kompolnas Jamin Basaria Independen
Pimpinan KPK terpilih, Basaria Panjaitan. Foto: Antara

KBR, Jakarta- ­ Komisi Kepolisian Indonesia (Kompolnas) memastikan pimpinan KPK yang baru, Basaria Panjaitan, bakal Independen meski belum mengundurkan diri dari Kepolisian. Pasalnya, menurut Anggota Kompolnas, Hamidah Abdurrahman, pihaknya tidak memiliki catatan buruk apapun terkait Basaria selama berkarir di Kepolisian. Selain itu, kata dia, Januari tahun depan Basaria sudah memasuki masa pensiun. Sehingga dia tidak perlu lagi mengundurkan diri. 

"Kalau tidak salah datanya yah beliau akan pensiun Januari ini, nah sehingga menurut saya tidak perlu ada pengunduran diri karena dengan sendirinya beliau akan pensiun dalam waktu dekat dan tidak akan lagi menjadi anggota Polri. (Jadi menunggu pensiunnya saja?) Iya saya kira itu lebih bagus supaya tidak ribet administrasinya, karena, akan otomatis berhenti,” ujarnya kepada KBR. 

Sebelumnya, Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) mendesak Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih, Basaria Panjaitan, langsung mengundurkan diri dari kepolisian meski sebentar lagi memasuki masa pensiun. Bahkan dia diminta mundur sebelum dilantik jadi pimpinan KPK. Pasalnya, menurut Peneliti PSHK, Giri Ahmad Taufik, Basaria akan sulit bekerja secara independen sebagai pimpinan KPK selama status dia masih sebagai anggota Polri.  

  • Kompolnas
  • Basaria Panjaitan
  • KPK
  • PSHK

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!