NASIONAL

Akibat Demo Buruh, Perusahaan di Jakarta dan Batam Tutup

"KBR - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengatakan sejumlah perusahaan di kawasan industri Jakarta dan Batam tutup."

Ninik Yuniati

Akibat Demo Buruh, Perusahaan di Jakarta dan Batam Tutup
kadin, perusahaan, jakarta. batam

KBR - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengatakan sejumlah perusahaan di kawasan industri Jakarta dan Batam tutup. Ketua Komite Tetap Industri Makanan dan Minuman Kadin Thomas Darmawan mengatakan, hal ini dikarenakan demo buruh yang berkepanjangan. Kata dia, tuntutan buruh tidak masuk akal. Selain itu, beban perusahaan makin berat akibat kenaikan BBM dan tarif dasar listrik.

"Ada beberapa perusahaan yang memang karena adanya demo khususnya di kawasan industri terpaksa karena tidak bisa bekerja karena juga diganggu oleh serikat pekerja akhirnya si pemilik itu memutuskan untuk lebih baik ditutup pabriknya. Akhirnya dia lebih baik dari pada tekanan-tekanan yang terlalu berat, dari serkat pekerja, karena pagarnya ditutup diganggu, sehingga akhirnya ditutup juga. Salah satunya pabrik susu berfermentasi di daerah Cikarang," kata Thomas Darmawan (21/12).

Ketua Komite Tetap Industri Makanan dan Minuman Kadin Thomas Darmawan menambahkan, seharusnya ada mekanisme untuk menghitung upah. Ini penting agar buruh tidak turun ke jalan setiap akhir tahun menuntut kenaikan upah. Selain itu, pihaknya berharap pemerintah bisa meningkatkan kesejahteraan pekerja dengan subsidi di bidang perumahan dan kesehatan.

Editor: Nanda Hidayat

  • kadin
  • perusahaan
  • jakarta. batam

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!