NASIONAL

Jelang Tahun Baru Tingkat Hunian Hotel di Bandung Meningkat

"Tingkat hunian hotel pada liburan Tahun Baru tahun ini meningkat dibanding tahun lalu."

guruh dwi riyanto

Jelang Tahun Baru Tingkat Hunian Hotel di Bandung Meningkat
PHRI, hotel, bandung, tahun baru

KBR68H, Jakarta - Tingkat hunian hotel pada liburan Tahun Baru tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Carla Parengkuan mengatakan, peningkatan itu terjadi terutama di Bandung, Yogyakarta, Medan dan Bali. Menurutnya, perubahan perilaku wisatawan mancanegara dan melemahnya rupiah turut menjadi penyebab kenaikan ini.

"Rata-rata penghuni itu bisa mencapai 80 % dari mulai hotel melati sampai bintang lima. Di tahun lalu di Bali sekitar 70%. Di Jogja juga naik sekitar 10%. Ini juga karena wisatawan domestik. Perlu dipertanyakan, kenapa wisatawan domestik? Karena mereka yang pulang kampung lebih jarang yang mau tinggal di keluarga dan memilih tinggal di hotel karena harga terjangkau," kata Wakil Sekjen PHRI Carla Parengkuan ketika dihubungi KBR68H, Minggu (29/12).

Carla Parengkuan mengatakan, peningkatan hunian yang di luar prediksi terjadi di Bandung. Ia menenggarai, banyak yang merayakan acara Tahun Baru di Bandung karena kekayaan wisata belanja dan kuliner. Selain itu, Bandung menggelar berbagai acara untuk menyambut awal tahun 2014.

  • PHRI
  • hotel
  • bandung
  • tahun baru

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!