NASIONAL

Proses Seleksi Sekjen KPU Sepi Peminat

"KBR68H, Jakarta - Proses seleksi Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU) minim peminat."

Nurika Manan

Proses Seleksi Sekjen KPU Sepi Peminat
sekjen kpu, seleksi

KBR68H, Jakarta - Proses seleksi Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU) minim peminat. Tim Panitia Seleksi KPU pun memperpanjang pendaftaran hingga lima hari mendatang. Anggota Tim Panitia Seleksi KPU Sigit Pamungkas menduga minimnya peminat ini karena proses perekrutan yang memakai model baru. Selain itu, minimnya peminat diperkirakan karena beratnya tugas dan tanggungjawab Sekjen KPU.

"Perombakan penataan sekretariat dilakukan setelah kelembagaan dibentuk. Tetapi ini sedang membahas ke Kesekjenan. Tim (Pansel) sedang mendiskusikan desain seleksi untuk bisa menemukan orang yang kompeten. Selain kita mengumumkan (perekrutan) terbuka, kita juga akan berkirim surat ke lembaga negara dan kementerian untuk bisa mengirimkan orang-orang yang bisa direkrut sebagai Sekjen. Dan Tim Pansel juga berburu, saling mencari orang yang memiliki kompetensi."kata Sigit Pamungkas.

Proses seleksi ini melibatkan seorang anggota KPU dan empat orang dari lembaga lain. Mereka diantaranaya Agus Dwiyanto dari Lembaga Administrasi Negara dan pakar politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro. Akhir bulan lalu, sidang Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (DKPP) memecat Sekjen dan empat pejabat Sekretariat KPU. Mereka dinilai melanggar kode etik terkait penundaan jadwal pengumuman hasil verifikasi administrasi partai politik.

  • sekjen kpu
  • seleksi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!