BERITA

Biofarma Klaim Tes COVID-19 BioSaliva Lebih Nyaman

"PT BioFarma meluncurkan alat pengetesan COVID-19 yang diklaim nyaman karena tidak perlu mencolok hidung dan tenggorokan."

Fadli Gaper

Tes COVID-19 BioSaliva Lebih Nyaman
Alat tes COVID-19 Bio Saliva dengan metode kumur produksi PT Bio Farma. (Foto: ANTARA/HO-Bio Farma)

KBR, Jakarta - PT BioFarma meluncurkan alat pengetesan COVID-19 yang diklaim nyaman karena tidak perlu mencolok hidung dan tenggorokan. 

Direktur Utama BioFarma Honesti Basyir menjelaskan, alat yang bukan jenis Rapid Antigen itu diberi nama BioSaliva.

Menurut Honesti, BioSaliva sangat cocok digunakan dalam pengambilan sampel PCR secara massal, atau dalam jumlah besar.

"Yang baru, yang kita luncurkan adalah BioSaliva, karena terutama anak-anak, mereka ini merasa agak terganggu kalau sampel diambilkan dari hidung atau tenggorokan mereka. Sehingga kita meluncurkan satu produk yang bisa memberikan benefit lain yaitu nyaman, karena tidak perlu dicolok hidung, tenggorokannya. Cukup dengan kumur-lumur saja, juga lebih mudah. Bagi Nakes ini lebih aman karena sampel diambil langsung oleh masyarakat di tempat pengetesan," ujar Direktur Utama PT BioFarma Honesti Basyir saat Raker dengan Komisi VI DPR RI di Senayan, Jakarta (9/11/2021)

Baca juga:

Direktur Utama BioFarma, Honesti Basyir juga mengklaim, BioSaliva yang merupakan alat tes COVID-19 dengan cara kumur-kumur itu mampu mendeteksi COVID-19 hingga 100 persen. 

Selain itu, sensitivitasnya terhadap virus korona juga mencapai 91 persen lebih. BioSaliva sudah dilakukan uji komparasi validasi di laboratorium Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, dan Universitas Airlangga.

Editor: Agus Luqman

  • BioSaliva
  • BioFarma
  • rapid test
  • tes antigen
  • tes COVID-19
  • Tes PCR

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!