Jokowi: Pandemi Jangan Dijadikan Penghalang untuk Tetap Berkreasi Seni Budaya

Banyak budayawan yang terus berkreasi untuk menghibur masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi pandemi.

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Minggu, 01 Nov 2020 22:40 WIB

Author

Resky Novianto

Jokowi: Pandemi Jangan Dijadikan Penghalang untuk Tetap Berkreasi Seni Budaya

Penari menampilkan tarian Gau Maraja untuk acara Festival Kebudayaan Nasional di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (30/10/2020). (Foto: ANTARA/Abriawan Abhe)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan masa pandemi bukanlah penghalang bagi insan seni dan budaya untuk tetap berkreasi.

Jokowi mengatakan di saat seperti ini semua pihak tidak boleh menyerah dengan kesulitan dengan tetap berkreasi dan bergerak maju membangun memori masa depan yang lebih baik.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2020 secara virtual.

"Ketika menghadapi pandemi Covid-19, memori budaya masyarakat tangguh bencana kembali hidup. Lebih dari 8 bulan masyarakat terus memupuk rasa solidaritas. Gotong royong, dan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi," ujar Jokowi saat Konferensi Pers Virtual di Kanal Youtube Setpres RI, Sabtu (31/10/2020)

Jokowi mengatakan di tengah pandemi ini, masyarakat juga kembali berupaya menghidupkan kearifan lokal, seperti mengangkat lagi jamu-jamu tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh yang sangat dibutuhkan dalam situasi pandemi ini.

Jokowi juga menyebut, banyak budayawan yang terus berkreasi untuk menghibur masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi pandemi.

Presiden Jokowi mengajak semua pihak terus berkarya dan menggali kearifan lokal, untuk memperkuat kemampuan kita dalam menghadapi bencana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Indonesia, kata Jokowi, terbentuk dari sikap optimistis dan pantang menyerah bangsa.

Pekan Kebudayaan Nasional tahun ini digelar secara daring, mengangkat tema "Ruang Bersama Indonesia Bahagia", dengan menjadikan budaya sebagai pijakan dasar dalam menghadapi pandemi saat ini.

Editor: Agus Luqman

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Inggris Perpendek Masa Karantina Turis Asing

Menggunakan Sains Data untuk Atasi Kemacetan di Jakarta

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Beda Nasib Serapan Insentif Usaha di Progam Pemulihan Ekonomi Nasional