NASIONAL

Jokowi: Sopir Mogok Karena Nggak Ngerti

"KBR, Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai aksi mogok massal angkutan umum di sejumlah daerah disebabkan ketidakpahaman mereka kegunaan pengalihan anggaran subsidi BBM. Ia yakin aksi mogok akan selesai 2 sampai 3 hari ke depan."

Abu Pane

Jokowi: Sopir Mogok Karena Nggak Ngerti
jokowi, BBM, naik, premium

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai aksi mogok massal angkutan umum di sejumlah daerah disebabkan ketidakpahaman mereka kegunaan pengalihan anggaran subsidi BBM. Ia yakin aksi mogok akan selesai 2 sampai 3 hari ke depan.

Sebab pelan-pelan sopir dan pengusaha angkutan umum akan mengerti tujuan menaikkan harga BBM tersebut. Yakni mengalihkan anggaran dari sektor konsumtif ke sektor produktif.

"Ya nanti sehari dua hari biasa mereaksi sebuah keputusan. Nanti setelah semuanya tahu kegunaannya apa, manfaatnya apa, nanti pasti memaklumi," ujar Jokowi di Jakarta, Rabu (19/11).

"Sudah sering saya sampaikan kita perlu mengalihkan dari konsumtif, kita bakar tiap hari menjadi yang produktif. Memang tidak langsung kelihatan, baru keliatan tahun depan, atau tahun depannya lagi," lanjut Jokowi.

Sementara mulai pukul 06.00 WIB tadi, angkutan umum di Semarang mulai mogok. Angkutan jurusan Ungaran-Ambarawa berkumpul di sekitar Monumen Palagan, Ambarawa Semarang.

Sementara di Jakarta, angkutan umum jurusan Kuningan Barat -Kebayoran Baru dikabarkan jarang terlihat pagi tadi. Akibatnya masyarakat berangkat bekerja dengan naik ohek. Meski begitu Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta mengklaim pihaknya batal mogok beroperasi hari ini.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • jokowi
  • BBM
  • naik
  • premium

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!