NASIONAL

Jokowi Pertimbangkan Pembentukan Kogabwilhan

"KBR, Bogor - Presiden Joko Widodo mempertimbangkan permintaan Panglima TNI Moeldoko yang ingin membentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan)."

Abu Pane

Jokowi Pertimbangkan Pembentukan Kogabwilhan
panglima TNI, Jokowi

KBR, Bogor - Presiden Joko Widodo mempertimbangkan permintaan Panglima TNI Moeldoko yang ingin membentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan).

Jokowi menjelaskan pembentukan akan digodog dan dibahas di tingkat atas. Dia juga mempertimbangkan pembentukan armada tengah.

"Dalam proses secepatnya, biar digodok di tingkat atas dulu baru disampaikan ke saya kalau sudah final termasuk Komando Gabungan WIlayah Pertahanan, termasuk Armada Tengah," kata Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jumat (28/11).

Sebelumnya, Panglima TNI kembali meminta agar Presiden Jokowi menyetujui pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan). Kogabwilhan ini merupakan gabungan dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Seperti dilansir Setkab, Panglima TNI mengatakan itu untuk memperkuat doktrin sistem pertahanan negara. Nantinya setiap kepala staf angkatan (laut dan udara) nanti akan dibantu oleh seorang  asisten teritorial. Saat ini aster baru ada di lingkungan TNI AD.

Sejalan dengan itu, TNI juga akan menambah Koops AU  III. Sedang utuk memenuhi memperkuat doktrin sistem pertahanan negara, kata Jenderal Moeldoko,  setiap kepala staf angkatan (laut dan udara) nanti akan dibantu oleh seorang  asisten teritorial. Saat ini aster baru ada di lingkungan TNI AD.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • panglima TNI
  • Jokowi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!