NASIONAL

BMKG : Ambon Hingga Papua Masih Alami Kemarau

"KBR, Jakarta- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Ambon, Sulawesi, dan Papua baru memasuki musim hujan pada minggu kedua Desember mendatang."

Evelyn Falanta

BMKG : Ambon Hingga Papua Masih Alami Kemarau
Ambon, Papua, Kemarau

KBR, Jakarta- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Ambon, Sulawesi, dan Papua baru memasuki musim hujan pada minggu kedua Desember mendatang. Prakirawan Cuaca BMKG Yuli Kartiningsih mengatakan, wilayah tersebut saat ini masih mengalami kemarau. Hal ini disebabkan pusaran angin yang bergerak dari arah Barat Indonesia diikuti hembusan angin konsisten dari utara ke Selat Karimata.

"Anginnya masih didominasi dari arah timuran, saat ini yang hujannya itu dimulai dari kawasan barat Indonesia seperti kawasan Sumatera, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, kemudian nanti akan bergerak ke wilayah timur. Saat ini masih di kawasan Sumatera, sebagian besar Kalimantan bagian barat, dan Jawa Barat bagian selatan yang masih hujan. Sementara, untuk kawasan lainnya masih cenderung berawan sama hujan ringan saja. Sementara untuk kawasan Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, Kupang dan Pulau Alo dan sekitarnya masih cukup kering sampai Desember minggu ketiga," kata Yuli saat dihubungi KBR (22/11)

Sementara, BMKG juga memprediksi pada Minggu besok potensi hujan lebat akan mulai terjadi di Sumatera bagian Tengah, Kalimantan Tengah, perairan Enggano hingga barat Lampung, dan Perairan selatan Jawa.


Editor: Nanda Hidayat

  • Ambon
  • Papua
  • Kemarau

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!