NASIONAL

SBY: Pendekatan Kebudayaan Bisa Redam Konflik Global

"KBR68H, Nusa Dua Bali - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengusulkan negara-negara di dunia menggunakan pendekatan kebudayaan dalam meredam konflik global."

Muliarta

SBY: Pendekatan Kebudayaan Bisa Redam Konflik Global
kebudayaan, konflik global, sby

KBR68H, Nusa Dua Bali - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengusulkan negara-negara di dunia menggunakan pendekatan kebudayaan dalam meredam konflik global. Presiden Yudhoyono mengatakan pendekatan kebudayaan itu bisa mendukung pembangunan masyarakat yang berkelanjutan. Dia beralasan banyak konflik berkepanjangan di sebuah negara terjadi karena tidak saling mengerti budaya lokal setempat. Kibatnya keterbelakangan dan kemiskinan semakin menjerat negara konflik. Ini dikatakan SBY dalam Forum World Culture Forum (WCF) atau Forum Kebudayaan Dunia di Nusa Dua Bali.

“Saat ini, ada negara-negara yang tetap berada di bawah situasi konflik . Dalam kondisi seperti itu, keterbelakangan dan kemiskinan cenderung bertahan , atau bahkan menjadi lebih buruk . Oleh karena itu , memelihara budaya perdamaian adalah penting untuk mencapai pembangunan berkelanjutan” ujar Susilo Bambang Yudhoyono, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Presiden SBY juga menyerukan mengembangkan kebudayaan sebagai sumber pendapatan ekonomi di dunia. Dengan mengembangan industri kebudayaan, maka diyakini tidak akan terjadi kemiskinan dan keterbelakangan di sebuah negara. Karena itu, perlu upaya membangun sistem nilai dan tradisi yang mempromosikan kebudayaan itu.

Editor: Doddy Rosadi

  • kebudayaan
  • konflik global
  • sby

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!