NASIONAL

Penggalangan Dana Omah Munir Kumpulkan Rp 400 Juta

"KBR68H,Jakarta - Sejumlah pegiat HAM terus menggalang dana untuk mewujudkan Omah Munir."

Sasmito

Penggalangan Dana Omah Munir Kumpulkan Rp 400 Juta
omah munir, HAM

KBR68H,Jakarta - Sejumlah pegiat HAM terus menggalang dana untuk mewujudkan Omah Munir. Istri mendiang Munir Said Thalib, Suciwati mengatakan saat ini sudah terkumpul Rp 400 juta dari berbagai kalangan. Kata dia, pengumpulan dana tersebut sangat selektif. Ia tidak ingin para pelanggar HAM ikut membantu pembangunan Omah Munir sebagai bentuk cuci dosa.

“Sampai hari ini sekitar 400 juta lebih. Ini buat kami secara fisik cukup untuk mengisi saja. Kedepan untuk lebih inovatif pasti akan terus. Karena ada program pendidikan HAM juga nanti untuk anak-anak,” ujar Suciwati usai penggalangan dana di Jakarta, Kamis (21/11).

Istri Munir Said Thalib, Suciwati menambahkan penggalangan dana ini juga menggunakan audit khusus untuk mencegah terjadinya korupsi. Berbagai cara yang dilakukan untuk penggalangan tersebut di antaranya dengan melelang karya seni. Salah satu contohnya yaitu lukisan karya Ayu Utami dan Joko Pekik.

Munir Said Thalib adalah aktivis HAM yang tewas diracun dalam penerbangan ke Belanda pada 2004 lalu. Beberapa orang sudah ditetapkan sebagai tersangka, salah satunya pilot Garuda Pollycarpus Budihari Priyanto. Sementara tersangka lain, yaitu pejabat BIN Muchdi PR dibebaskan pengadilan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • omah munir
  • HAM

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!