NASIONAL

Migrant Care: BNP2TKI Harus Awasi Pemulangan TKI dari Arab

"KBR68H, Jakarta - LSM peduli buruh migran, Migrant Care meminta Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) agar memantau proses pemulangan TKI hingga ke kampung halaman."

Indra Nasution

Migrant Care: BNP2TKI Harus Awasi Pemulangan TKI dari Arab
Migrant Care, BNP2TKI, Arab

KBR68H, Jakarta - LSM peduli buruh migran, Migrant Care meminta Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) agar memantau proses pemulangan TKI hingga ke kampung halaman.

Direktur Migrant Care Anis Hidayah mengatakan, sering terjadi pungutan liar kepada TKI setibanya di Indonesia. Kata dia hal lain yang perlu diperhatikan adalah keselamatan dan kesehatan TKI.

"Soalnya pungli BNP2TKI yang menangani, jadi saya kira BNP2TKI yang paling bertanggungjawab dalam proses pemulangan," kata Anis kepada KBR68H

Hari ini kloter pertama WNI yang melebihi masa tinggal (overstay) di Arab Saudi akan tiba di Indonesia. Sebelumnya, puluhan ribu TKI terlantar di bawah jembatan layang ,Jeddah, Arab Saudi. Hal ini menyusul berakhirnya batas waktu pemutihan izin tinggal di sana. Sementara itu, sekitar 7000-an TKI berada di penjara Imigrasi Jeddah.

Editor: Suryawijayanti


  • Migrant Care
  • BNP2TKI
  • Arab

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!