NASIONAL

Airlangga Optimistis Indonesia Segera Masuk Endemi Covid-19

""Sehingga tentu pemerintah bisa melihat bahwa bisa dipersiapkan langkah-langkah menuju endemi," "

Sadida Hafsyah

endemi
Ilustrasi: Bhakti sosial dan bantuan sosial Covid-19 di Lanud Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (15/10/22). (Antara/Ampelsa)

KBR, Jakarta-  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis Indonesia akan segera masuk ke dalam status endemi Covid-19. Ia memandang Indonesia sudah siap masuk ke fase endemi Covid-19. Baik dilihat dari perkembangan di dalam negeri, maupun di luar negeri yang dilihat dari penentuan zonasi menggunakan estimasi angka reproduktif Covid-19 atau Rt.

"Kita melihat kasus harian di angka 1.678 per 15 Oktober kemarin. Dan berdasarkan data Rt (laju penularan) global, itu rata-rata di angka 1. Sehingga tentu pemerintah bisa melihat bahwa bisa dipersiapkan langkah-langkah menuju endemi," ucap Airlangga saat berbicara di Forum Dialog - Economic Outlook 2023 'Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Inflasi Global, Webinar 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja pendiri konglomerasi Sinar Mas, Senin (17/10/22).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia telah berupaya keras menekan angka penularan Covid-19. Salah satunya dengan langkah akselerasi program vaksinasi Covid-19.

"Dalam pandemi covid, kasus omicron ini relatif sudah turun. Untuk vaksinasi Indonesia ada di peringkat kelima, dengan dosis vaksinasi tertinggi, salah satu terbanyak di dunia," ucapnya.

Baca juga:

- Pandemi Covid-19 Berakhir? Jokowi: Tak Usah Tergesa-gesa
- Jelang Mudik 2022, Menkes: 99,2 Persen Masyarakat Punya Antibodi Covid-19

Selanjutnya, Airlangga mengungkapkan bahwa pemerintah akan terus mendorong berbagai kebijakan, terutama dalam melonggarkan mobilitas masyarakat. Khususnya pada berbagai kebijakan fiskal yang berfungsi sebagai shock absorber atau peredam tekanan.

"Peningkatan SDM dengan berbagai program, antara lain Prakerja, pengembangan UMKM, termasuk program menaik kelaskan UMKM, salah satunya di bidang agriculture dengan pendekatan close look," ucapnya.

Data Satgas Covid menunjukkan jumlah kasus terkonfirmasi pada Minggu (16/10) bertambah 1326 kasus dengan jumlah kasus meninggal 12, dan kasus aktif mencapai 17.213 orang. Total kasus tercatat 6,456,868 dengan kematian mencapai 158.313.

Editor: Rony Sitanggang

  • COVID-19
  • endemi
  • pandemi
  • Airlangga

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!