covid-19

Satgas: Ada 34 Kasus Positif COVID-19 di PON Papua

Satgas: Ada 34 Kasus Positif COVID-19 di PON Papua

BERITA | NASIONAL

Kamis, 07 Okt 2021 23:20 WIB

PON Papua

Petugas menyemprotkan disinfektan di area kursi penonton di GOR Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Kamis (7/10/2021). (Foto: ANTARA/Abriawan Abhe)

KBR, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mencatat ada 34 kasus positif COVID-19 dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 Papua.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan seluruh pasien positif COVID-19 tersebut tanpa gejala dan diharapkan dapat segera pulih.

"Seluruh partisipan PON wajib menjalankan protokol kesehatan yang ketat saat tiba di daerah asal, melalui karantina dan tes ulang sebagai upaya memastikan kesehatan kontingen pasca PON ke-20. Pemerintah juga akan tetap melalukan whole genome sequencing sebagai upaya surveilans berkelanjutan memantau varian COVID-19 yang ada di Indonesia," kata Wiku saat konferensi pers daring, Kamis (7/10/2021).

Baca juga:


Meski begitu, Wiku menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia, khususnya tim kesehatan yang tanggap dalam melakukan penanganan terhadap pasien positif Covid-19.

Ia mengingatkan dengan adanya temuan kasus positif pada acara PON ini, seluruh partisipan mulai dari atlet, ofisial, pelatih dan penonton agar waspada terhadap penularan COVID-19 dengan cara disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Diawasi pemerintah pusat

Sebelumnya, Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto mengklaim kasus positif COVID-19 di Papua dalam pemantauan langsung pemerintah pusat.

"Yang perlu kita awasi adalah perkembangan kasus harian di empat kota di Papua yaitu Kabupaten Keerom, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, Jayapura. Ini secara daily (diawasi) sehingga kita bisa memonitor apa kebijakan yang harus kami lakukan terhadap juga atlet-atlet. Selama beberapa hari ini terlihat masih termonitor walaupun ada satu dua kasus di beberapa even olahraga. Namun itu langsung dideteksi sehingga ini menjadi penting untuk penanganan Covid-19 ke depan," kata Airlangga saat mengisi acara Seminar Sekolah Sespimti dan Sespimmen Polri, Selasa (6/10/2021).

Airlangga mengatakan di beberapa kota, di Jayapura, Keerom, Mimika, Merauke vaksinasi Covid-19 dosis pertama sudah 56 persen dan dosis kedua sebanyak 35 persen.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Toilet Sehat untuk Semua, Sudahkah Terpenuhi?