covid-19

Jaga Independensi, Timsel Calon Anggota KPU dan Bawaslu Susun Pakta Integritas

Tim seleksi tengah menyusun pakta integritas guna menjamin netralitas seluruh anggota dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 15 Okt 2021 16:30 WIB

Timsel Calon Anggota KPU dan Bawaslu Susun Pakta Integritas

Mendagri Tito Karnavian dan anggota tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027 di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa, (12/10). Foto:Kemendagri.go.id

KBR, Jakarta- Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Juri Ardiantoro berjanji bakal menjaga independensi dalam setiap tahapan seleksi.

Menurutnya, komitmen serupa juga bakal dilakukan oleh sepuluh anggota tim seleksi yang lain. Kata dia, kini tim seleksi tengah menyusun pakta integritas guna menjamin netralitas seluruh anggota dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

"Kalau ditanya secara konkret, kami sedang proses finishing, jadi kita akan menyusun pakta integritas begitu. Jadi akan sepakati dan itu menjadi pegangan kami di dalam bekerja. Mudah-mudahan sampai selesai nanti kita bisa bekerja dengan sesuai harapan publik," ucap Juri dalam konferensi pers pengumuman seleksi calon anggota KPU dan BAWASLU tahun 2022-2027 oleh Tim seleksi di Kanal Youtube Kemendagri, Jumat, (15/10/2021).

Baca juga:

Juri mengatakan seluruh tim seleksi bertekad menjalankan tugas dan amanah Presiden Joko Widodo dengan sebaik-baiknya. Kata dia, kesebelas orang tim seleksi merupakan pribadi yang luar biasa dan akan menjaga diri berbagai kemungkinan penyalahgunaan tugas ini.

Selain sebagai ketua tim seleksi, saat ini Juri Ardiantoro menjabat sebagai Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP). Posisi dia yang pernah menjadi tim kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pemilu 2019 disorot oleh sejumlah pihak.

Sementara itu, pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 telah diumumkan. Tim seleksi membuka pendaftaran bagi calon anggota KPU dan Bawaslu akan dibuka melalui tiga jalur.

Yakni, mendaftar langsung ke sekretariat tim seleksi, pengiriman berkas melalui pos, dan melalui aplikasi www.seleksikpubawaslu.kemendag....

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Toilet Sehat untuk Semua, Sudahkah Terpenuhi?