Seleksi CPNS 2018, BKN: Sistem CAT Cegah KKN

CAT menjadi efektif untuk meniadakan KKN, karena sistemnya yang real time, artinya jawaban dan skor peserta akan langsung diproses saat itu, secara online.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 17 Okt 2018 18:54 WIB

Author

Astri Septiani

Seleksi CPNS 2018, BKN: Sistem CAT Cegah KKN

Ilustrasi PNS (Foto: www.dishubkominfo.sumsel.go.id)

KBR, Jakarta - Kepala Biro Humas, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan optimistis sistem Computer Assisted Test (CAT) bisa menghilangkan praktik korupsi, kolusi dan nepotisme saat seleksi calon pegawai negeri sipil Tahun 2018. 

Ridwan yakin, efektivitas CAT dalam mengatasi KKN lebih dari 100 persen.

"101 persen. Karena memang nggak bisa lagi. Nggak bisa kita membalik-balikan. Itu ditandatangani BAP kedua pihak, BKN dan instansi yang bersangkutan. Dilihat, dipampang, di foto dan dari sistem langsung masuk ke server," kata Ridwan di Kantor BKN, Rabu (17/10/2018).

Ridwan mengatakan, CAT menjadi efektif untuk meniadakan KKN, karena sistemnya yang real time, artinya jawaban dan skor peserta akan langsung diproses saat itu, secara online.

Ridwan menyatakan, soal baru untuk tes CAT sedang dipersiapkan dan soal-soal tes tersebut bisa dipelajari melalui buku yang dijual di toko buku.

Ia menambahkan, BKN juga menyiapkan website, untuk simulasi soal CAT yang bisa diakses melalui laman cat.bkn.go.id. 

Editor: Kurniati 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18