KKP-Kemenristekdikti Luncurkan Hasil Riset Produk Perikanan

"Terdapat 40 produk hasil riset BRSDM dan Kemenristekdikti yang bisa langsung dikembangkan ke industri."

BERITA | NASIONAL

Selasa, 09 Okt 2018 15:48 WIB

Author

Resky Novianto

KKP-Kemenristekdikti Luncurkan Hasil Riset Produk Perikanan

Pembukaan Science and Innovation Business Matching 2018 di Ballrom KKP. (Foto: Resky Novianto)

KBR, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) bersama Kementerian Riset Teknolongi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan produk-produk hasil riset, untuk bahan kerja sama dengan pihak industri.

Menurut Kepala BRSDM KKP, Sjarief Widjaja, setiap bulan kementeriannya bersama Kemenristekdikti bakal mempublikasikan secara bertahap produk hasil kerja sama. Ditambah, ada 10 produk yang bakal dipamerkan.

"KKP bersama Kemenristekdikti me-launching produk-produk hasil riset kita, untuk dapat dikerjasamakan dengan pihak industri. Nah, tadi kita sudah menjelaskan untuk tiap saat, tiap bulan, kita akan secara bertahap melepas atau mem-publish produk-produk kita," ujar Sjarief usai membuka Science and Innovation Business Matching 2018 di Ballrom KKP, Gedung Mina Bahari III, Selasa (9/10/2018). 

"Untuk kali ini ada 5 produk yang sudah ditandatangani, ditambah 10 produk yang dipamerkan," tambah Sjarief.

Ia pun menambahkan, terdapat 40 produk hasil riset BRSDM dan Kemenristekdikti yang bisa langsung dikembangkan ke industri.

Sjarief mengungkapkan, BRSDM juga meluncurkan produk inovasi berupa mini Automatic Identification System (AIS), yaitu transponder berukuran kecil untuk keselamatan nelayan kecil dan patin super karya anak bangsa (Patin Perkasa).

Data Kemenristekdikti menyebutkan, tingkat pencapaian hilirisasi riset inovasi di industri Indonesia masih berkisar 3 hingga 5 persen. Persentase ini terpaut jauh dengan tingkat keberhasilan Cina yang mencapai 25 persen atau Amerika Serikat dan Eropa yang sebesar 10 hingga 15 persen.

Menurut Sjarief, rendahnya tingkat pencapaian hilirisasi riset inovasi di industri tersebut yang memacu pemerintah melalui KKP menyediakan wadah bernama SIBM 2018 ini.

Ditambahkannya, dengan penguasaan teknologi yang tepat, masyarakat dan industri kelautan dan perikanan indonesia mampu dan sejahtera.

Editor: Kurniati
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Upaya Kurangi Risiko Bencana Iklim

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Perkara Bukber Tahun ini

Kabar Baru Jam 10