Dampak El Nino, BMKG Perkirakan Hujan Turun Desember

Menurutnya, El Nino tahun ini merupakan yang terkuat sepanjang 50 tahun terakhir.

BERITA | NASIONAL

Sabtu, 10 Okt 2015 15:08 WIB

Author

Ninik Yuniati

Dampak El Nino, BMKG Perkirakan Hujan Turun Desember

Cuaca panas. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan turun selambatnya bulan Desember mendatang. Kepala BMKG Andi Eka Sakya mengatakan, musim penghujan mundur sekitar tiga bulan lantaran fenomena El Nino yang bertipe kuat.

Menurutnya, El Nino tahun ini merupakan yang terkuat sepanjang 50 tahun terakhir.

"Meningkatnya suhu muka laut di Pasifik itu akan turun, masih belum, sampai bulan Maret. Dampaknya di Indonesia itu tidak sampai bulan Maret, hanya sampai November-Desember. Karena Indonesia itu tepat di Khatulistiwa, matahari sekarang ini sedang bergerak ke selatan, dan nanti pada bulan November-Desember itu angin juga sudah berubah, dengan demikian men-trigger musim hujan di Indonesia," kata Andi Eka kepada KBR, Jumat (9/10).

Andi Eka Sakya menambahkan, hampir seluruh wilayah Indonesia terdampak gelombang El Nino, dari Sumatera hingga Papua. Namun kata dia, bagi petani garam dan nelayan, El Nino justru meningkatkan produksi dan hasil tangkapan. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Perlindungan Hukum untuk Para Pembela HAM Masih Lemah