NASIONAL

Petral Didesak Bubar, Ini Jawaban Pertamina

"KBR, Jakarta - PT Pertamina membantah adanya dugaan Petral memperpanjang jalur importasi bahan bakar minyak. Hal tersebut berakibat mahalnya harga BBM impor."

Sasmito

Petral Didesak Bubar, Ini Jawaban Pertamina
jokowi, petral, pertamina

KBR, Jakarta - PT Pertamina membantah adanya dugaan Petral memperpanjang jalur importasi bahan bakar minyak. Hal tersebut berakibat mahalnya harga BBM impor.

Juru Bicara Pertamina Ali Mundakir beralasan setiap perusahaan minyak di dunia memiliki trader. Dan itu dilakukan sebagai strategi bisnis. Jadi ia menganggap hal yang lazim apabila sebuah perusahaan minyak memiliki trader di Singapura. Ia juga menambahkan, perusahaannya masih akan menunggu kebijakan pemerintahan baru terkait pembubaran anak perusahaan Pertamina itu.

"Bisa saya sampaikan, Bahwa Petral itu memang 100 persen dimiliki oleh Pertamina. Dan Pertamina 100 persen dimiliki oleh negara. Dan bukan sesuatu yang aneh apabila perusahaan minyak semacam Pertamina memiliki trading arm di Singapura. Sebab, semua perusahaan minyak juga seperti itu. Baik itu British Petroleum, Petronas, Chevron, dan Exxon. Semuanya mempunyai trading arm," jelasnya, Senin (6/10).

Sebelumnya, Deputi Tim Transisi Jokowi-JK Hasto Kristianto mengungkapkan pihaknya berencana akan membubarkan anak perusahaan Pertamina, Pertamina Energy Trading Limited, atau Petral dalam pemerintahan periode selanjutnya. Alasannya, karena ada informasi yang mengaitkan anak usaha perusahaan pelat merah sektor energi ini, jadi sarang mafia migas.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • jokowi
  • petral
  • pertamina

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!