NASIONAL

Dilebur dengan Kemenhut, KLH Diminta Jangan Kerdil

"KBR, Jakarta - LSM lingkungan Greenpeace dan Walhi meminta Kementerian Lingkungan Hidup tetap bertaring. Meski kini dilebur dengan Kementerian Kehutanan."

Rio Tuasikal

Dilebur dengan Kemenhut, KLH Diminta Jangan Kerdil
jokowi, kabinet, lingkungan

KBR, Jakarta - LSM lingkungan Greenpeace dan Walhi meminta Kementerian Lingkungan Hidup tetap bertaring. Meski kini dilebur dengan Kementerian Kehutanan.

Kepala Greenpeace Indonesia, Longgena Ginting, mengatakan penggabungan ini membuat Kemenhut yang meregulasi bersatu dengan KLH yang mengawasi. Longgena takut fungsi pengawasan KLH akan menciut dalam kementerian baru itu.

"Memastikan bahwa fungsi-fungsi pengawasan lingkungan hidup, monitoring, dan penegakkan hukum itu masih jelas terdapat di kementerian Baru ini. Kami masih menunggu mandat kementerian baru. Harapannya, LH tidak justru jadi kerdil dan peran-perannya tidak jadi marjinal di kementerian baru ini," terang Longgena dalam konferensi pers di FX Senayan, Jakarta, Selasa (28/10) siang.

Longgena Ginting menjelaskan, KLH sangat kecil  dibandingkan dengan Kemenhut yang raksasa. Jumlah pegawai KLH hanya 1.200 dibanding Kemenhut yang 17 ribu.

Hal senada diutarakan Direktur Eksekutif Walhi, Abetnego Tarigan. Seharusnya, presiden membetulkan tumpang tindih kewenangan dalam tubuh Kemenhut. Bukan malah menggabungkannya dengan KLH. Kini kewenangan Kemenhut jadi lebih banyak dan menyisakan masalah hukum.

"Dirjennya bisa sampai 13. Regulasi, keluarkan izin, dan yang menindak itu di satu tempat. Kan nggak mungkin Menteri lingkungan hidup menuntut dirinya sendiri di pengadilan," ujar Abetnego lagi.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • jokowi
  • kabinet
  • lingkungan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!