Tampil Modis dengan Budget Minimalis, Bisa Banget!

Modal kecil untuk gaya maksimal

Selasa, 27 September 2022

KBR, Jakarta - Tampil modis saat ini bukan lagi sebuah pilihan, tapi juga kebutuhan. Keinginan untuk selalu terlihat fashionable kerap dikaitkan dengan merek-merek high end. Makanya banyak orang menyangka tampil stylish berarti menghabiskan banyak uang. Nyatanya bisa kok tampil modis tapi dengan budget minimalis.

Saat ingin tampil modis, jangan sampai keuangan jadi faktor penghambat kamu. Sebab, fesyen itu universal dan bisa diterapkan oleh siapapun. Yuk simak tips dari Fashion Consultant Rindra McDraw supaya tetap terlihat stylish.

1.Perhatikan kode fesyen

Fesyen tak melulu soal merek. Supaya bisa tampil modis setiap orang harus memerhatikan fashion code atau kode fesyen. Berbeda dengan dress code atau aturan berbusana, fashion code adalah elemen-elemen yang membangun fashion atau gaya seseorang, bisa saja atasan, bawahan, aksesori dll. Misalnya kita pergi ke pesta, pastikan pakaian kamu lengkap mulai dari kemeja, dasi, jas, celana, dan sepatu.

“Kita harus tampil dengan pakaian, yang elemen-elemennya seperti atasan, bawahan, aksesoris, sepatu, itu fashion code-nya, jadi apa-apa yang harus kita pakai,” kata Rindra.

2.Koleksi jenis-jenis baju dasar

Tips selanjutnya dari Rindra adalah koleksi jenis-jenis baju basic atau dasar seperti kemeja dan kaos. Warna-warna netral seperti cokelat, putih, dan hitam bisa dimiliki supaya makin mudah untuk di-mix and match. Gimana kalau ga punya? Buka lemari keluarga deh! Dari pengalaman Rindra, biasanya ada banyak harta karun di dalam lemari orang tua. Ambil yang masih relevan dan tinggal disesuaikan dengan fesyen kita, dan siap tampil modis.

“Kita harus punya core warna basic-basic itu supaya kita ganti-ganti bisa padu padan. Saya punya peninggalan celana-celana bapak saya atau jas yang saya pakai, yang saya tukar tambel aja,” ujar lelaki yang juga berprofesi sebagai grooming coach ini.

Baca juga:

Tren Merawat Kulit, Momen Bisnis Skincare Lokal Unjuk Gigi

Waste Solution Hub, Kelola Sampah jadi Cuan

Fashion Consultant Rindra McDraw mengatakan tampil modis dengan budget minimalis bisa dengan strategi mix and match. (Dok: Pribadi)

3.Beli baju second

Beli baju second bisa jadi pilihan kamu yang punya budget minimalis untuk fesyen. Harga-harga baju yang dijual relatif miring dan super murah asal jago nyari tokonya. Beli baju preloved ini ngetren banget dan disarankan pula oleh Rindra. Selain menghemat uang, opsi baju second juga mendukung sustainable fashion atau fesyen berkelanjutan yang ramai dibicarakan beberapa tahun terakhir.

Baju-baju second yang didapatkan dari garage sale, selain bisa langsung dipakai untuk mendukung penampilan, bisa juga dikreasikan lho supaya lebih sesuai dengan fesyen masing-masing individu.

“Baju lama di-upgrade, direkayasa sehingga dia bisa beda. Misalnya kemeja dipotong tangannya dua, jadi rompi nanti dikasih bros apa atau dikasih patch work,” jelas Rindra.

Dengarkan penjelasan lebih lengkap bagaimana bergaya tanpa banyak mengeluarkan modal bersama Fashion Consultant Rindra McDraw di Uang Bicara episode Tampil Modis dengan Budget Minimalis, Bisa Banget! di KBR Prime, Spotify, Google Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.