Kupas Investasi Emas biar Untung Lepas Landas

Strategi investasi logam mulia menguntungkan dan aman

Jumat, 02 September 2022

KBR, Jakarta - Emas tetap jadi primadona aset karena dianggap safe haven bagi para investor. Seiring berjalannya waktu, investasi emas bisa dilakukan melalui berbagai cara misalnya dalam bentuk perhiasan, logam mulia, sampai yang terbaru emas digital.

Agar investasi emas bisa untung, menurut Certified Financial Planner Sri Pangestuti, para investor harus memerhatikan hal berikut saat menyimpan logam mulia ini.

1.Emas batangan

Investasi emas memang bisa dilakukan dalam berbagai bentuk dan disesuaikan dengan kebutuhan investor. Namun, jika menimbang untung dan risikonya, Panges menyarankan berinvestasi emas dalam bentuk batangan.

“Yang perhiasan kan underlying-nya tetap emas tapi ada biaya pembuatan per gram, belum lagi variabel lain. Kalau batangan dari sisi kadar kan lebih tinggi, jadi otomatis nilainya juga lebih tinggi, apalagi sekarang dicetak dalam bentuk kecil-kecil,” ujarnya.

Baca juga:

Alternatif Menabung dengan Arisan, Waspadai Risikonya!

Cicil Dana Pensiun selagi Muda

Sri Pangestuti menyebut investasi emas tidak disarankan untuk jangka pendek karena justru berpotensi mengalami kerugian. (Dok: Pribadi)

2.Jangka panjang

Jika tertarik berinvestasi dalam bentuk logam mulia, sesuaikan dengan tujuan finansial jangka panjang, minimal tiga sampai lima tahun dari waktu pembelian. Contohnya untuk dana pergi haji atau dana kuliah anak. Tidak disarankan investasi emas dalam jangka pendek, misalnya kurang dari setahun.

“Selisih antara harga jual dan beli itu antara 8-18%. Kalau kita beli sekarang, terus dijual dua minggu lagi harganya bisa turun. Kalau kita mau untung atau minimal tidak rugi, kita harus mendapatkan harga jual yang sudah melampaui selisih dari harga jual beli itu,” terang Panges.

3.Jual sesuai kebutuhan

Saat hendak jual emas, sesuaikan dengan jumlah uang yang dibutuhkan. Emas dengan gram besar tentu punya harga jual tinggi, tapi jangan langsung tergiur mendapatkan uang banyak. Jika salah mengelolanya, duit hasil jual emas itu bakal ludes sia-sia.

“Kalau kebutuhan dananya tidak besar maka keluarkanlah emas yang gramnya sesuai dengan kebutuhan. Dan sebaiknya (emas) disimpan dalam berbagai pecahan (gram). Jadi kalau misalnya cuma butuh kira-kira 2 juta ya jangan jual yang 10 gram,” kata Panges.

Dengarkan obrolan lengkap soal cara aman dan menguntungkan investasi emas bersama Certified Financial Planner Sri Pangestuti di Uang Bicara episode Kupas Investasi Emas biar Untung Lepas Landas di KBRPrime, Spotify, Google Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.