covid-19

TPNPB-OPM Bantah Serang Nakes di Distrik Kiwirok

"Di sana itu tidak ada penyerangan terhadap tenaga kesehatan. Bakar kantor Puskesmas atau sekolah itu yang ada, tapi tenaga kesehatan, perawat itu nggak ada yang diserang, tapi mungkin mereka takut,

BERITA | NASIONAL

Selasa, 21 Sep 2021 17:20 WIB

TPNPB-OPM Bantah Serang Nakes di Distrik Kiwirok

ilustrasi nakes. (Foto: Twitter)

KBR, Jakarta - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) membantah telah melakukan penyerangan terhadap tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua 13 hingga 14 September lalu.

Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom membenarkan jika pasukan TPNPB-OPM di lapangan memang membakar fasilitas publik seperti sekolah dan puskesmas. Namun, kata dia, jatuhnya korban dari tenaga kesehatan, bukan karena penyerangan TPNPB-OPM.

"Di sana itu tidak ada penyerangan terhadap tenaga kesehatan. Bakar kantor Puskesmas atau sekolah itu yang ada, tapi tenaga kesehatan, perawat itu nggak ada yang diserang, tapi mungkin mereka takut, lari, ada yang jatuh di jurang sehingga mereka mengalami kecelakaan," kata Sebby saat dihubungi KBR, Selasa (21/9/2021).

Baca: IDI Minta Pemerintah Lindungi Nakes di Daerah Konflik

Sebby mengklaim, aksi pembakaran fasilitas publik yang dilakukan oleh TPNPB-OPM adalah bentuk perlawanan, karena ada salah seorang tenaga kesehatan yang menodongkan senjata dan melepaskan tembakan terlebih dahulu.

Ia juga meminta, dilakukan investigasi oleh tim independen untuk mengungkap kasus ini.

"Oleh karena itu kami tegaskan bahwa berita-berita di media-media di Indonesia itu terlalu dini. Artinya tidak melakukan verifikasi. Kasus-kasus semacam ini perlu investigasi tim independen. Kalau hanya TNI saja, apa yang disampaikan TPN-OPM tidak kuat," ungkap Sebby.

Sebelumnya, seorang tenaga kesehatan bernama Gabriella Melani ditemukan tewas di jurang, beberapa hari setelah aksi penyerangan dan pembakaran fasilitas publik oleh kelompok bersenjata di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua.

Baca lagi: Evakuasi Jenazah Nakes dari Pegunungan Bintang Diwarnai Baku Tembak

Beberapa fasilitas publik yang dibakar antara lain kantor distrik, kantor kas Bank Papua Kiwirok, Puskesmas Kiwirok, rumah dokter, barak tenaga kesehatan, SD Inpres, rumah guru dan pasar.


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Say No To Drugs

Kabar Baru Jam 7

Aksi Remaja Tanpa Narkoba

Coki Pardede, Narkoba, dan Kreativitas

Kabar Baru Jam 8