BERITA

KPHI Minta Tragedi Mina Diselidiki

"Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi simpang siur tentang penyebab tragedi naas tersebut."

Ninik Yuniati

KPHI Minta Tragedi Mina Diselidiki
Ilustrasi. Korban tragedi Mina. Foto: Antara

KBR, Jakarta- ­ Komite Pengawas Haji Indonesia (KPHI) meminta pemerintah mendesak pihak Arab Saudi melakukan penyelidikan terkait tragedi di Mina, Arab Saudi. Ketua KPHI Slamet Effendy Yusuf mengatakan, hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi simpang siur tentang penyebab tragedi naas tersebut. Pihaknya juga mengimbau masyarakat berpegang pada informasi yang diberikan pemerintah. 

"Berpegang saja pada keterangan resmi dari pemerintah, jadi dari PPIH, dari Kementerian Luar Negeri, jadi jangan dari situs­situs berita yang tidak jelas sumbernya. Akibatnya membuat gelisah masyarakat," kata Slamet kepada KBR, (25/9). 

Slamet Effendy Yusuf juga meminta pemerintah Indonesia bersama negara muslim besar berembug terkait penyelenggaraan ibadah haji. KPHI sendiri nantinya akan memberikan laporan dan saran kepada presiden dan DPR agar pelaksaaan ibadah haji ke depan lebih baik.  

Tragedi Mina yang menewaskan sedikitnya 717 jamaah haji dari berbagai negara. Juru Bicara Kemenag Rosidin menyatakan, sejauh ini jumlah jemaah haji asal Indonesia yang menjadi korban insiden tersebut berjumlah 3 orang meninggal dan satu mengalami luka serius.   

Editor: Malika

  • tragedi Mina
  • Slamet Effendy Yusuf
  • Komite Pengawas Haji Indonesia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!