BERITA

Amankan Pilkada, BIN Bakal Kerahkan 1000 Personel

"Saat ini satu orang personil BIN mengawasi dua wilayah."

Bambang Hari

Amankan Pilkada, BIN Bakal Kerahkan 1000 Personel
Sutiyoso. Foto: KBR

KBR, Jakarta- Kepala Badan Intelijen Negara, Sutiyoso mengklaim situasi jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak dalam kondisi aman. Ia menyebut, potensi konflik yang ditimbulkan akibat permasalahan calon tunggal sudah bisa diselesaikan. Jadi menurutnya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

"Sejauh ini kan sepertinya situasinya tenang-tenang saja. Kalau misalnya ada calon tunggal, itu kan sudah diselesaikan. Dan andaikata suatu saat buntu, hanya ada calon tunggal di dua kabupaten kota misalnya, dari total keseluruhan 296 daerah. Itu kan biasa saja. Kan tidak masalah kalau pilkadanya ditunda. Jadi jangan dianggap sebagai sesuatu yang serius," ujarnya kepada jurnalis di kompleks parlemen, Kamis (10/9/2015).

Selain itu, Kepala BIN Sutiyoso juga mengaku ppihaknya sudah menempatkan personelnya ke berbagai daerah. Kata dia,  satu orang personil BIN mengawasi dua wilayah. Meski demikan ia mengaku masih kekurangan personil. Itu sebabnya ia berencana menambah seribu personel untuk mengamankan pilkada. Sehingga nantinya satu orang Anggota BIN hanya bertugas mengawasi satu wilayah.

"Bayangkan saja, satu orang harus mengawasi dua  atau tiga wilayah. Itu kan tidak masuk akal. Pasti nanti kerjanya tidak maksimal," keluhnya. 

Editor: Malika

  • pilkada serentak
  • BIN
  • sutiyoso

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!