NASIONAL

KPPU: Angkasa Pura II dan Telkom Monopoli ePos

"KBR68H, Jakarta - Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha (KPPU) menuding PT Angkasa Pura II dan PT Telkom Indonesia memonopoli usaha program ePos. ePos merupakan program transaksi belanja elektronik di Bandara Soekarno Hatta, Banten."

Bambang Hari

KPPU: Angkasa Pura II dan Telkom Monopoli ePos
KPPU, angkasa pura II, ePos, monopoli

KBR68H, Jakarta - Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha (KPPU) menuding PT Angkasa Pura II dan PT Telkom Indonesia memonopoli usaha program ePos. ePos merupakan program transaksi belanja elektronik di Bandara Soekarno Hatta, Banten.

Anggota KPPU Syarkawi Rauf menjelaskan, dugaan monopoli muncul setelah dua operator lainnya tak bisa masuk menggarap program tersebut.

"KPPU melakukan monitoring, melakukan penelitian. Sehingga lahir lah perkara ini. Jadi ini bukan berdasarkan laporan (masyarakat-red). Hanya saja, KPPU memanggil beberapa perusahaan yang terkait dengan bisnis di Angkasa Pura. KPPU kan memiliki dua cara untuk membuat perkara. Pertama, ada yang namanya hak inisiatif. Yang kedua ada yang laporan. Nah kalau ini merupakan inisiatif dari KPPU sendiri," ungkapnya kepada wartawan.

Anggota KPPU Syarkawi Rauf menambahkan dugaan monopoli menambahkan, akibat memonopoli usaha ePos, PT Angkasa Pura II dan PT Telkom Indonesia merugikan usaha operator lainnya yang ingin bersaing.


Editor: Suryawijayanti

  • KPPU
  • angkasa pura II
  • ePos
  • monopoli

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!