Bagikan:

Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Mulai Turun, Terendah di Yogyakarta

Klaim itu disampaikan mendag saat memantau harga bahan pokok di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis, 11 Agustus 2022.

NASIONAL

Kamis, 11 Agus 2022 16:27 WIB

Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Mulai Turun, Terendah di Yogyakarta

Ilustrasi: Pantauan harga pokok di pasar tradisional. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengklaim harga bahan pokok sudah berangsur turun di sejumlah daerah.

Klaim itu disampaikan mendag saat memantau harga bahan pokok di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis, 11 Agustus 2022.

Menurut Zulkifli, harga bahan pokok terendah berada di Provinsi DIY, jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.

"Di Kota Padang bawang sudah Rp30 ribu. Tapi, Padang (harga) cabai masih Rp70 ribu. Tadi, tempe satu kantong bisa Rp5 ribu, di Jogja uang Rp5 ribu bisa beli makan. Jadi harga-harga di Jogja, alhamdulillah saya kira yang paling rendah, selama saya kunjungan ke pasar, ya di Jogja ini," ujar Zulkifli di Pasar Wates, Kulonprogo, DIY, yang disiarkan di Instagram Kemendag, Kamis, (11/8/2022).

Di Pasar Wates, Mendag Zulkifli memantau harga sejumlah komoditas, di antaranya cabai, ayam, minyak hingga bawang.

Ia mengklaim, seluruh bahan pokok mengalami penurunan. Harga cabai misalnya, dari sebelumnya ada di atas Rp100 ribu per kilogram, kini berada di kisaran Rp60-an ribu per kilogram.

Baca juga:

Sementara itu, berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN), Kamis 11 Agustus 2022, terjadi penurunan harga pada sejumlah komoditas. Antara lain beberapa jenis cabai, dan bawang merah.

Harga cabai merah keriting turun dari Rp68.350 menjadi Rp66.900 per kg.

Lalu, cabai merah besar juga turun, yakni dari Rp66.400 pada Rabu kemarin, menjadi Rp65.900 per kilogram pada hari ini. Kemudian untuk bawang merah ukuran sedang harganya tetap Rp45.500 per kilogram.

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending