NASIONAL

14 Calon Anggota Komnas HAM Maju Uji Kelayakan di DPR

"Komnas HAM RI optimistis hasil kerja Tim Pansel dapat memberikan nama-nama calon anggota yang kredibel dalam memperjuangkan masa depan hak asasi manusia di Indonesia."

Resky Novianto

14 Calon Anggota Komnas HAM Maju Uji Kelayakan di DPR
Ketua Pansel Makarim Wibisono (dua dari kanan) saat konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Selasa (23/8/2022). (Dok Humas Komnas HAM)

KBR, Jakarta - Tim Panitia Seleksi (Pansel) menetapkan 14 nama Calon Anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Nama-nama itu akan diajukan ke DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Ketua Pansel Makarim Wibisono mengatakan, 14 nama yang terjaring telah melalui lima tahapan seleksi. Antara lain administrasi, tes tertulis objektif dan penulisan makalah, dialog publik, psikotes, lalu wawancara dan tes kesehatan.

"Komnas HAM RI optimistis hasil kerja Tim Pansel dapat memberikan nama-nama calon anggota yang kredibel dalam memperjuangkan masa depan hak asasi manusia di Indonesia. Proses seleksi ini sekaligus mampu meningkatkan peran Komnas HAM RI, sebagai garda terdepan kemajuan dan penegakan HAM di Indonesia," ujar Makarim dalam konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: 50 Nama Calon Anggota Komnas HAM, Tak Ada yang Berlatarbelakang Parpol

Periode keanggotaan Komnas HAM akan berakhir pada November 2022. Sejak Februari 2022, Pansel telah membuka pendaftaran calon anggota.

Selama periode pendaftaran tercatat pendaftar atau individu yang membuat akun di aplikasi pendaftaran sebanyak 1.536 orang. Di antara jumlah tersebut, terdapat 112 orang yang melengkapi berkas persyaratan.

Dari sisi gender, terdapat 21 pendaftar perempuan dan 91 laki-laki. Latar belakang pendaftar terdiri dari berbagai bidang, di antaranya petahana Anggota Komnas HAM, advokat, aktivis, akademisi, jurnalis, aparatur sipil negara (ASN), dan wiraswasta.

Baca juga: Komnas HAM Buka Penerimaan Seleksi Anggota Baru Periode 2022-2027

Berikut 14 nama calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027 yang akan diajukan dalam uji kelayakan di DPR:

  1. Abdul Haris Semendawai
  2. Amiruddin Al Rahab
  3. Anis Hidayah
  4. Antonio Pradjasto Hardojo
  5. Atnike Nova Sigiro
  6. Beka Ulung Hapsara
  7. Chrisbiantoro
  8. Hari Kurniawan
  9. Prabianto Mukti Wibowo
  10. Pramono Ubaid Tanthowi
  11. Putu Elvina
  12. Rita Serena Kolibonso
  13. Saurlin P Siagian
  14. Uli Parulian Sihombing

Editor: Wahyu S.

  • calon anggota komnas ham
  • seleksi anggota komnas ham
  • Komnas HAM
  • fit and proper test
  • Makarim Wibisono

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!