covid-19

Menko Perekonomian: Ekspor Buah Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ini menunjukkan resiliensi sektor dalam kondisi apapun dan terus memberikan sumbangan yang positif terhadap pertumbuhan perekonomian.

BERITA | NASIONAL

Senin, 09 Agus 2021 15:17 WIB

Author

Fachri Iman

Menko Perekonomian: Ekspor Buah Dorong Pertumbuhan Ekonomi

ilustrasi

KBR, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, produksi buah Indonesia, tidak kalah saing dengan buah-buahan impor lainnya.

Di 2020 lalu, katanya, terjadi peningkatan lebih dari 30 persen di ekspor buah-buahan Indonesia. Cina, Hong Kong, Malaysia, Arab Saudi, dan Pakistan menjadi tujuan ekspor buah Indonesia.

“Sektor pertanian merupakan sektor terbesar kedua setelah industri pengolahan dan ini tetap konsisten tumbuh, baik di tahun lalu maupun di triwulan kedua. Ini menunjukkan resiliensi sektor dalam kondisi apapun dan terus memberikan sumbangan yang positif terhadap pertumbuhan perekonomian. Holtikultura adalah sub sektor yang mempunyai potensi untuk terus didorong bahkan Bapak Presiden meminta agar sektor ekspor ini terus digenjot dan berbagai regulasi yang menghambat untuk segera diselesaikan,” kata Airlangga dalam membuka Gelar Buah Nusantara secara virtual di Jakarta, Senin (09/08/2021).

Airlangga menambahkan, sektor pertanian dan buah-buahan memberi peluang besar dalam membuka lapangan pekerjaan.

"Hingga kini, lebih dari 13 juta jiwa bekerja di sektor produksi atau distribusi buah-buahan," jelasnya.

Namun, ia menyayangkan angka konsumsi buah masyarakat yang masih sangat rendah.

"Data WHO menunjukkan konsumsi buah-buahan di Indonesia hanya 50 persen dari batas minimal yang ditetapkan WHO, yakni sebanyak 150 gram per orang per hari," jelas politisi Golkar itu.

Airlangga berharap, 2021 bisa menjadi momentum bagi kebangkitan pasar buah nusantara di luar negeri. Sebab, katanya, buah menyediakan gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

"Melalui pemasaran yang optimal daya saing dan nilai jual buah dalam negeri dapat ditingkatkan," pungkasnya.


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Say No To Drugs

Kabar Baru Jam 7

Aksi Remaja Tanpa Narkoba

Coki Pardede, Narkoba, dan Kreativitas

Kabar Baru Jam 8