covid-19

Ekonomi Kreatif Indonesia Peringkat Tiga Sedunia

"Ada Korea dengan K-pop posisi kedua..."

BERITA | NASIONAL

Jumat, 13 Agus 2021 16:24 WIB

Ekonomi Kreatif Indonesia Peringkat Tiga Sedunia

Ilustrasi produk ekonomi kreatif nasional. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengklaim sektor ekonomi kreatif Indonesia masuk peringkat tiga besar dunia. Kata dia, hal ini berdasarkan persentase kontribusi ekonomi kreatif Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)

"Ekonomi Indonesia khususnya ekonomi kreatif sudah masuk peringkat tiga besar dunia dari segi persentasenya terhadap PDB. Di mana kita sekarang ada di posisi ketiga setelah Amerika dengan Hollywood, ada Korea dengan K-pop posisi kedua, lalu kita di posisi ketiga dengan 1.100 triliun sumbangsihnya kepada PDB Indonesia," kata Sandiaga saat diskusi daring, Kamis, (12/08/21).

Baca juga:

Menurut Sandiaga, sektor ekonomi kreatif bisa menjadi tulang punggung kebangkitan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19. Di mana Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa menjadi salah satu lokomotif penggeraknya. Karena itu, ia juga mendorong peran perempuan untuk berkontribusi lebih banyak pada sektor ekonomi kreatif.

"Perempuan sekarang mendominasi dari komposisi pekerja ekonomi kreatif ada 56,04 persen perempuan hebat, perempuan mandiri di 3 subsektor pendukung PDB yaitu fashion, kuliner dan kriya. Perempuanlah yang terus jadi tulang punggung dari kebangkitan sektor ekonomi kreatif dan kami mendukung inklusifitas perempuan untuk terus berkarya dan produktif," kata Sandiaga.

Baca juga:

Ia yakin potensi perempuan di sektor ekonomi kreatif bisa menjadi game changer atau pembalik keadaan pasca-pandemi Covid-19. Selain itu, Sandiaga juga berharap perempuan bisa mengembangkan bisnis dengan cara gotong-royong.

Hal ini demi mencapai visi Indonesia Emas 2045, yakni berdaulat, maju, adil dan makmur, sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Terutama di sektor bisnis dan ekonomi kreatif.

Ia berharap pemerintah bisa terus memberi pendampingan dan fasilitasi, agar UMKM mampu bertahan di masa pandemi, serta menangkap peluang lain.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Say No To Drugs

Kabar Baru Jam 7

Aksi Remaja Tanpa Narkoba

Coki Pardede, Narkoba, dan Kreativitas

Kabar Baru Jam 8