covid-19

Disdik DKI Targetkan Vaksinasi Anak Rampung 17 Agustus 2021

Sebanyak 208 ribuan anak atau 26,20 persen belum divaksinasi.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 06 Agus 2021 14:28 WIB

Disdik DKI Targetkan Vaksinasi Anak Rampung 17 Agustus 2021

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di SMA Negeri 1, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (05/08/2021). Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Dinas Pendidikan DKI Jakarta menargetkan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 12-17 tahun selesai bulan ini. Target itu ditetapkan dalam rangka mempersiapkan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Slamet mengklaim, per kemarin, Kamis (5/8), sebanyak 580 ribuan anak usia 12-17 tahun di DKI sudah divaksin. Sementara, yang belum divaksinasi sebanyak 208 ribuan anak atau 26,20 persen.

“Kegiatan vaksinasi terus berlangsung, dan Insyaallah target kita pertengahan Agustus atau 17 Agustus targetnya ini kita harapkan sudah tervaksin semua seluruh anak usia 12-17 tahun,” kata Slamet dalam diskusi daring yang disiarkan kanal YouTube Lapor Covid-19, Kamis (5/8/2021).

Slamet mengatakan Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan 273 lokasi sentra vaksinasi yang dapat dikunjungi anak untuk mendapat vaksin. Jumlah itu belum termasuk sentra yang disediakan pihak di luar pemerintah.

Persiapan Sekolah Tatap Muka

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) untuk mempersiapkan pembukaan sekolah. Namun, kegiatan itu ditunda karena melonjaknya kasus Covid-19. Saat ini Jakarta masih menerapkan PPKM Level 4, di mana sekolah wajib melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kini, Provinsi DKI Jakarta sedang mempersiapkan proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas bagi sekolah dasar hingga sekolah menengah.

Namun, pelaksanaan PTM tersebut dipastikan tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. Mengingat tingkat kasus positif di Jakarta masih di atas 15 persen.

Slamet mengklaim Dinas Pendidikan DKI Jakarta sudah melakukan asesmen terhadap kesiapan guru dan sekolah dalam pelaksanaan PTM terbatas.

“Kajian secara akademis kita sudah selesai, pelatihan penyiapan guru di dalam pembelajaran juga sudah selesai, kemudian fasilitasi terkait dengan dukungan sekolah terhadap sarana-prasarana di masa pandemi juga sudah hampir selesai, boleh dikatakan sudah selesai," katanya.

Slamet menambahkan, Pemprov DKI Jakarta juga sedang menggencarkan vaksinasi bagi guru, tenaga pendidikan, serta para siswa. Ia berharap, kekebalan kelompok dapat terwujud melalui vaksinasi.

"Sebenarnya kami kan tinggal menunggu, situasi dan kondisi bahwa kita sangat ingin positivity rate-nya itu di bawah lima persen,” kata Slamet dalam diskusi daring, Kamis (05/08/2021).

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Say No To Drugs

Kabar Baru Jam 7

Aksi Remaja Tanpa Narkoba

Coki Pardede, Narkoba, dan Kreativitas

Kabar Baru Jam 8